Apakah aman minum susu UHT terlalu banyak?

AM Info Penanya: AM, Pria, 28 Tahun
anak saya mempunyai kebiasaan minum susu uht terlalu banyak apakah akan berpengaruh ke kesehatannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Setelah lepas dari ASI, anak biasanya akan mengganti asupan ke susu. Salah satunya adalah susu UHT (Ultra-high temperature processing) atau ultra pasteurisasi adalah teknologi pemrosesan makanan dengan mensterilkan makanan cair, terutama susu. Susu dipanaskan pada suhu di atas 135 C.

Pemberian susu UHT yang berlebihan dapat menyebabkan anak tidak mau makan, sehingga nutrisi yang anak perlukan yang tidak didapatkan dari susu tidak di peroleh. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan anak dapat terhganggu. Pemberian susu yang berlebihhan dapat menyebabkan obesitas pada anak yang dapat berbahaya. Susu UHT juga mengandung gula yang cukupp tinggi. Pemberian yang berlebihan juga dapat mennyebabkan kerusakan pada gigi jika tidak di imbangi dengan menyikat gigi secara teratur.

Sehingga dapat disimpulan bahwa mengkonsumsi susu UHT tidak membahayakan anak Anda selama tidak berlebihan dan menyesuaikan diet dan kebutuhan anak Anda. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis anak.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbeda dari ASI, susu formula dipercaya sebagai susu bayi yang bikin gemuk karena bisa meningkatkan nafsu makan.

ASI Vs Susu Formula, Manakah Susu Bayi yang Bikin Gemuk?

Susu formula dinilai sebagai susu bayi yang bikin gemuk Si Kecil karena beberapa kandungan gizi di dalamnya. Sebaliknya, ASI dapat menurunkan risiko kelebihan berat badan pada anak. Seperti apa penjelasannya?