13 Sep 2021, 03:45Infeksi

Penyebab bayi BAB berdarah setelah diberikan susu formula

MS
Info Penanya: MS0
Assalamualaikum. Pagi dok. Saya mau tanya. Umur anak saya 5 bulan lebih 15 hari. Setiap BAB selalu ngeluarin darah, tapi gak banyak. Padahal BAB nya GK keras cendrung lembek. Kemarin sempat ganti susu, karna berhubung anak saya GK minum asi. Karna asi nya kering. Jadi minum asi hanya sampai 3 bulan saja. Sewaktu minum susu pertama kali aman. Setelah itu mencret. Trus saya bawa k kelinik, dan saya ganti juga susunya sudah GK mencret lagi. Setelah d ganti beberapa Minggu GK mencret,
187 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, M.Banyak ibu yang tidak memberikan ASI kepada anak dengan alasan ASI kering. Padahal ASI akan terus diproduksi sesuai kebutuhan anak, berdasarkan usia. Manfaat ASI juga sangat banyak, tidak ada yang bisa menandingi walau susu formula mahal sekalipun.

Apa yang menyebabkan bayi BAB berdarah ?

Anak Anda berumur 5 bulan lebih 15 hari. Setiap BAB selalu ngeluarin darah, tapi tidak banyak. Padahal BAB tidak keras cenderung lembek. Kemarin bayi Anda sempat ganti susu, dimana Anda tidak memberikan ASI karena ASI yang mulai berkurang. Bayi Anda hanya diberi ASI sampai usia 3 bulan.Sewaktu minum susu formula pertama kali aman. Setelah itu mencret. Anda sudah membawa bayi Anda ke klinik, dan mengganti susu formula, kemudian bayi tidak mencret lagi. Namun saat ini BAB bercampur darah, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Luka pada anus akibat BAB keras atau BAB terus menerus.
  • Alergi susu sapi.
  • Intoleransi laktosa.
  • Infeksi pada saluran pencernaan bayi.
Sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis anak, agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari fisik, tanda dehidrasi, maupun feses. Dokter spesialis anak akan memberikan obat yang sesuai dengan penyebab termasuk probiotik usus, antibiotik dan mengganti susu formula jika diperlukan. Jangan pantang menyerah dalam memberikan ASI kepada bayi Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
produksi asialergi susususu formula
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil