27 Apr 2021, 16:18Psikologi

Apakah menggerayangi tubuh ayah oleh anak merupakan penyimpangan seksual ?

HM
Info Penanya: HM0
Sore pak admin. Sy mau tanya terkait anak laki-laki yang sering diam2 menggerayangi atau meraba bagian tubuh tertentu dari ayahnya. Anak berusia 7 tahun. Hal ini sudah berlangsung lebih dari 3 bulanan. Dy melakukan secara diam-diam saat ayahnya tidur. Tapi saat ketahuan ayahnya anak tersebut selalu menghindar untuk menjawab pertanyaan kenapa Dy bersikap seperti itu. Apakah perilaku demikian adalah bentuk penyimpangan seksual atau seperti apa, mohon jawabannya. Terima kasih.
51 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, H.Mempunyai anak adalah hal yang tidak mudah, butuh kesabaran dan ketelatenan. Salah mendidik anak sejak kecil, membentuk keperibadian yang buruk di masa akan datang, terutama jika orang tua sering berkata kasar, memukul, mencubit, mencambuk anak menggunakan ikat pinggang. Tidak jarang anak menjadi trauma dan depresi.

Apa yang menyebabkan anak laki-laki menggerayangi tubuh ayah ?

Kebiasaan anak Anda yang suka menggeranyangi tubuh Anda saat tidur dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Butuh kasih sayang dan perhatian saat Ayah sibuk berkerja.
  • Mencari tahu atau mengeksplor bagian tubuh seperti apa dan bagaimana bentuknya.
  • Tontonan atau perilkau orang lain yang membuat anak mencontoh. 
Jika menggerayangi bagian tertentu dari tubuh ayah merupakan suatu rasa ingin tahu anak yang tinggi, ini bukan bentuk penyimpangan seksual. Namun jika hal ini terus dilakukan hingga berbuat sesuatu menyimpang seperti masturbasi oleh anak, hal ini harus dicari tahu siapa yang mengajarkan anak seperti itu, dan segera bawa anak ke dokter jiwa untuk diterapi.Tanyakan secara baik apa maksud dari perbuatan anak. Jangan paksa anak terlalu keras sehingga Ia bisa mengutarakan apa yang dia inginkan. Tetap jaga anak dari tontonan yang tidak baik, memberikan HP tanpa diawasi, bermain dengan orang lain yang tidak dikenal.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tumbuh kembang anakpendidikan seksorientasi seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil