Sering buang air kecil dalam jumlah sedikit pada anak 13 tahun

AS Info Penanya: AS, Pria, 13 Tahun
Selamat siang, Dok mau tanya kenapa anak laki-laki usia 13 tahun sering buang air kecil secara terus-menerus tapi dalam jumlah yang sedikit, apa penyebab nya, dan bagaimana cara mengatasi nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AS.

Sering buang air kecil atau BAK melebihi frekuensi normal yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dapat mengindikasikan kondisi medis tertentu. Kondisi ini umumnya berhubungan dengan salurang dan organ kemih. 

Beberapa kondisi medis yang umum terjadi diantaranya adalah :

  • infeksi saluran kemih (ISK)
  • overactive bladder / keadaan kandung kemih yang terlalu aktif
  • gangguan ginjal :
    • infeksi
    • batu
  • penyakit lainnya seperti diabetes
  • efek samping penggunaan atau konsumsi obat-obatan tertentu

Mengenai pertanyaan Anda tentang sering buang air kecil pada anak usia 13 tahun umumnya dapat merupakan keadaan yang normal jika sebelumnya meminum cairan dalam jumal yang banyak, atau meminum cairan yang memicu BAK seperti teh, minuman bersoda, dan minum manis. Suhu dingin disekitar juga dapat memicu keadaan sering buang air kecil yang jumlahnya hanya sedikit. Namun apabila keluhan tersebut disertai nyeri, demam, hingga mual muntah maka dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Kondisi yang umum terjadi pada anak adalah infeksi saluran kemih, akan tetapi kondisi lain seperti kandung kemih yang terlalu aktif pun bisa saja terjadi. 

Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter terdekat atau dokter Spesialis Urologi. Sementara ini, hindari konsumsi cairan yang memicu BAK, tetapi tetaplah memenuhi kebutuhan cairan perhari nya dengan air putih atau mineral. Hindari menahan BAK dan jagalah kebersihan alat kelamin setiap BAK.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

selain duri, landak laut juga memiliki racun

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Tertusuk Duri Landak Laut

Tertusuk landak laut atau bulu babi bisa jadi merupakan kesalahan manusia yang tidak sengaja menyentuh atau menginjaknya. Jika ini terjadi, segera lakukan pertolongan pertama tertusuk bulu babi.