04 Aug 2020, 19:28Penyakit Lainnya

Mengonsumsi susu khusus BBLR untuk menaikkan berat badan, apakah boleh?

DP
Info Penanya: DP0
Saya mau tanya Dok, anak saya lahir normal tidak prematur, anak saya skrg udah 9 bulan berat badan tidak naik hanya 6 kilo. Karena Asi ku kurang jadi aku sapih umur 9 bulan minum sufor, selama 2 Minggu susunya cocok saja tapi tiba2 anak saya sakit panas dan diare. Lalu di rawat selama 8 hari. Ini skrg anak saya sudah sehat. Saya mau tanya Dok boleh ga anak saya minum SGM BBLR untuk naikin berat badan?
3715 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, DTerima kasih atas pertanyaan AndaBBLR (berat badan lahir rendah) adalah suatu kondisi dimana seorang bayi yang lahir memiliki berat badan kurang dari 2500 gram. BBLR ini kerap kali terjadi pada bayi dengan kelahiran prematur atau kurang bulan (lahir sebelum 37 minggu). Terjadinya BBLR ini bisa dikarenakan beberapa hal seperti kurangnya asupan nutrisi ibu saat hamil, adanya cacat bawaan, adanya masalah pada plasenta ibu dan lain sebagainya. Pada anak dengan BBLR ini umumnya belum bisa menyusu dengan dengan adekuat (baik melalui ASI ataupun media lain) sehingga pada kondisi tertentu, dibutuhkan susu khusus BBLR untuk membantumencukupi kebutuhan nutrisinya.Terkait dengan bayi usia 9 bulan, berat badan normalnya berkisar 6.5 kg - 9.3 kg untuk bayi peremuan dan 7.1 kg - 9.9 kg untuk bayi laki-laki. Jika Anda sudah tidak mengonsumsi ASI (sudah disapih) maka sebaiknya cukupi kebutuhan nutrisi dan kalori hariannya dengan memberikan makakan sehat dan bergizi yang baik bagi kesehatanya.

Adapun beberapa contoh makanan yang bisa dikonsumsi untuk bayi 9 bulan adalah:

  • Sumber karbohidrat (selain dengan nasi, karbohidrat juga bisa mengunakan labu, kentang, sereal gandum, pasta dan lain sebagainya)
  • Sumber protein (daging, salmon, telur, dan sebagainya)
  • Buah-buahan (alpukat, pisang, apel, pir dan lain lain)
  • Sayur mayur (brokoli, kacang hijau wortel, bayam dan lain sebagainya)
  • Produk olahan susu seperti keju dan yoghurt
Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya tidak memberikan susu khusus BBLR kepada bayi Anda jika bayi Anda bukan BBLR. Apabila berat badan bayi Anda masih terhitung kurang saat dilakukan penimbangan, sebaiknya konsultasikan kepada dokter spesialis anak terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Selain itu, pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan cairannya, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
makanan sehatkesehatan anakmpasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil