Anak GTM

ER Info Penanya: ER
Dok anak saya usia 7 bulan, BB nya cuma 7 kg panjang 70cm. Normalkah?kalo makan ga pernah banyak, kenapa yaa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, ER.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Berat badan anak merupakan hal yang sering kali membuat ibu was-was dan khawatir, karena untuk mendapatkan berat badan anak yang ideal, khususnya pada tahun pertamanya terdapat berbagai tantangan, salah satunya gerakan tutup mulut (GTM) pada anak, atau anak yang memilih untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Pada dasarnya hal ini lumrah terjadi karena anak masih dalam proses pengenalan dengan makanan. Beberapa faktor seperti nafsu makan anak yang berubah-ubah, keadaan perut yang masih kecil, serta fokus yang teralihkan dari makanan membuat anak tidak mau makan. Namun demikian, orang tua perlu untuk mencoba berbagai cara untuk mengatasinya.

Berikut beberapa metode yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mengatami anak yang tidak mau makan :
  • menciptakan suasana yang positif
  • hindari menghukum anak
  • hindari kebiasaan menyogok anak 
  • berikan jenis makanan yang variatif dan baru
  • biarkan anak mengeksplorasi setiap makanannya
  • porsi makanan disesuaikan
  • mencontohkan yang benar kepada anak

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang berat badan dan tinggi anak, terdapat rentang berat badan ideal yang berbeda antara anak laki-laki dan perempuan pada anak usia 7-12 bulan. Pada anak laki-laki berat badan dapat berkisar 9-10 kg dengan tinggi 74-77 cm, sedangkan pada anak perempuan, berat berkisar 8 kg - 9,5 kg, dengan tinggi 72-76 cm. Untuk memastikan status gizi anak sebaiknya dilakuakn pemeriksaan langsung ke dokter Anak agar lebih akurat.

Jika setelah mencoba tips-tips diatas anak masih mengalami kesulitan untuk makan, cobalah untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter Spesialis Anak dan dokter Spesialis Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak rentan untuk terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi virus influenza, pilek, atau tertular kutu rambut

Tahun Ajaran Baru, Ini Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat di Sekolah

Libur yang sebentar lagi selesai, menandakan tahun ajaran baru untuk anak. Saat di sekolah, anak rentan tertular penyakit dari murid lain. Untuk memastikannya tetap sehat, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, terutama saat anak berada di sekolah.