Anak dua tahun trauma mengejan

E Info Penanya: E
Malam dok, anak saya 2th sudah 5 hari tidak bisa bab, dia trauma mengejan, sudah dibawa ke dokter anak dan diberikan obat lactulose (pralax) bahkan sampai dibantu pencahar dari anus (microlax) tapi tidak ada perubahan, apa yg harus saya lakukan dok, apakah ada penanganan obat atau alat khusus untuk mengeluarkan tinja dari ususnya jika dibawa ke igd, karena anak saya baru 2th terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore E,

Trauma karena mengejan bisa terjadi pada anak terlebih jika menimbulkan rasa sakit ketika akan buang air besar. Kondisi sembelit pada anak ini bisa timbul karena pola asupan yang kurang serat, kurang asupan cairan, karena produk susu tertentu, ataupun anak menahan keinginan buang air besar karena anak merasa tidak nyaman saat buang air besar. Untuk itu perlu diperhatikan asupan makanan anak agar membantu melunakkan kotorannya.

Apabila anak mengalami trauma dan kesulitan mengeluarkan tinja maka perlu dibantu dengan melunakkan tinja seperti yang sudah dilakukan. Selain itu penting untuk melakukan toilet training dan memberikan rasa nyaman pada anak ketika buang air besar.

Jika masih kesulitan maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis anak untuk membantu mengatasi anak tidak bisa BAB. Jika ternyata kesulitan bukan karena tinja yang mengeras maka perlu diwaspadai karena bisa disebabkan oleh kelainan pada saluran pencernaan seperti penyakit hirschsprung yang perlu pemeriksaan dan penanganan lanjutan oleh dokter bedah anak. Kondisi ini bisa ditandai dengan kesulitan buang air besar dan tinja akan menyemprot jika dicolok atau dikorek manual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada pencernaan umumnya bisa memicu geala perut terasa panas

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas hanyalah salah satu gejala dari berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa terjadi di saluran pencernaan. Anda perlu mewaspadai dan mengobatinya agar perut panas dan gejala mengganggu lainnya tidak terus mendera Anda.