27 Jul 2020, 20:15Infeksi

Anak demam diawali sakit menelan dan mendengkur

ND
Info Penanya: ND, Wanita, 38 Tahun
Dok, anak saya demam Dok, awalnya bilangnya buat nelan sakit, kalo tidur itu mendengkur dan nafas dengan mulut terbuka, mulut berbau tidak enak Dok. Dan untuk makan satu dua suap masih bisa tapi setelah itu kalo mau menelan seperti mau muntah dan pasti dimuntahin sama anak saya dan bilang kalo perut sakit dan sedikit pusing. Itu gejala apa ya Dok?
14565 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam ND,Demam adalah salah satu keluhan kesehatan yang sering terjadi, penyebabnya sendiri sangatlah beragam. Pada anak sendiri demam bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya:
  • Radang tenggorokan, bisa ditandai dengan nyeri menelan dan demam
  • Radang amandel, bisa ditandai dengan sering batuk pilek, tidur mengorok, pembesaran kelenjar amandel
  • Infeksi saluran napas
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Pasca imunisasi
  • Atau penyebab lainnya
Demam sendiri bisa disertai gejala seperti batuk, pilek, nyeri menelan, pusing, sakit perut, mual muntah, ataupun gejala lain sesuai lokasi infeksi ataupun sesuai penyebabnya.Demam dapat ditandai dengan peningkatan suhu anak lebih dari 37,5 derajat, untuk itu ibu harus mengukur suhu anak setiap 4 jam sekali. Jika suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat, berikan obat penurun panas seperti parasetamol dengan dosis sesuai anjuran.Jika ada nyeri perut bisa juga disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan. Jadi perlu perhatikan asupan makannya, berikan air minum lebih banyak untuk mencegah dehidrasi dan membantu menurunkan demam. Jika demam lebih dari 3 hari, ada sakit kepala hebat, muntah, timbul tanda dehidrasi maka perlu segera diperiksakan untuk mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
radang tenggorokandemaminfeksi saluran pernapasanradang amandel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil