Anak berumur 3 tahun tapi masih belum bisa berbicara

LW Info Penanya: LW, Pria, 31 Tahun
Dok, anak saya berumur 3tahun.tapi masih belum bisa berbicara. Tidak bermasalah dengan pendengarannya. Apakah harus dibawa kedokter spesialis?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LW,

Perkembangan anak tentu perlu berjalan sesuai dengan usianya tetapi pada beberapa kasus dapat terjadi perbedaan dengan anak-anak seusianya seperti misalnya terjadi keterlambatan bicara. Keterlambatan bicara sendiri ditunjukan dengan anak tidak mengucap kata-kata, tidak berbicara atau mengucapkan kata-kata setidaknya 25 kata pada usia 2 tahun, tidak bisa merangkai kalimat sederhana di usia 3 tahun. Terlambat bicara bisa disebabkan oleh beragam hal seperti:

  • Gangguan pendengaran
  • Kurangnya stimulasi dan interaksi pada anak sehingga anak tidak aktif 
  • Pengaruh paparan gawai (gadget) dengan bahasa bilingual sehingga anak kesulitan mengerti bahasa
  • Anak mengalami keterlambatan perkembangan
  • Anak mengalami gejala autisme
  • Anak mengalami kelainan lainnya

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan apa penyebabnya dengan membawa anak Anda ke dokter spesialis anak dan dilakukan serangkaian pemeriksaan ataupun kolaborasi dengan dokter spesialis lain seperti pemeriksan pendengaran, pemeriksaan kemampuan perkembangan anak, dan pemeriksaan lain yang diperlukan untuk mencari tahu penyebabnya. Nantinya juga perlu dilakukan terapi wicara dan juga stimulasi oleh  orang tua atau siapapun di lingkungan sekitar anak agar tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan anak setiap bulannya agar tumbuh kembangnya terpantau. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masalah dalam melakukan koordinasi secara fisik merupakan salah satu bentuk gangguan tumbuh kembang anak akibat hidrosefalus

7 Gangguan Tumbuh Kembang Anak Akibat Hidrosefalus

Tumbuh kembang anak bisa terganggu ketika ia mengidap hidrosefalus. Ada beberapa bentuk gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan hidrosefalus, salah satunya adalah masalah dalam melakukan koordinasi secara fisik.