Anak berkebutuhan khusus terbawa sampai dewasa

AA Info Penanya: AA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter ,saya ingin bertanya , dok saya punya teman laki-laki usianya 23 tahun tetapi teman saya berkebutuhan khusus , kenapa dok anak yang berkebutuhan khusus kebawa sampai dia sudah dewasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anak yang berkebutuhan khusus, apakah maksudnya retardasi mental, hiperaktif, down sindrom, autisme atau yang lainnya? Kondisi klinis tersebut akibat adanya gangguan fungsi otak. Sayangnya otak tersebut selnya tidak bisa tumbuh kembali. Sehingga bila ada kerusakan bersifat permanen. Sehingga anak yang berkebutuhan khusus harus disiapkan dari kecil, dari pendidikan, pekerjaan, atau hidup mandiri nantinya. Persiapannya akan memakan waktu dan belum tentu sampai dewasa mampu hidup mandiri sehingga sistem pendukungnya seperti keluarga atau orang sekitarnya harus tetap membantunya.

Sebaiknya diskusi langsung dengan klinik khusus atau dengan Dokter Spesialis Saraf untuk mendapat informasi dan terapi yang lebih komprehensif.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak cara mengatasi homesick yang dirasakan anak rantau, seperti video call dan curhat dengan sahabat

Rindu Keluarga, Ini Cara Mengatasi Homesick untuk Anak Rantau

Anak rantau tentu tak asing lagi dengan perasaan homesick. Wajar jika Anda sebagai anak rantau, merasa rindu dengan keluarga yang tinggal berjauhan. Namun jika perasaan tersebut mengganggu keseharian, sebaiknya Anda segera mengatasinya.