Anak bayi usia 2 bulan, BAB mencret dan kehitaman setelah mengganti susu formula?

S Info Penanya: S, Wanita, 21 Tahun
Dok anak sya usia 2bulan minum susunya sufor lactogen trus bab nya mncret Dan warna nya hitam aga ke ijoijoan gtu dok itu knpa ya apakah ga ccok apa krna proses pnggantian sufor ya dok? soalnya tdinya anak sya mnum ssunya sgm dok trimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apa alasan anda mengganti susu formulanya? Apakah sebelumnya ada gejala tidak cocok pada bayi anda? Bila iya anda seharusnya mengganti ke susu formula dengan protein yang berbeda misalnya susu kedelai. Bila tidak anda tetap menggunakan susu formula dengan protein yang sama. Kemudian anda bandingkan label antara susu formula lama dengan yang baru. Usahakan agar kandungannya yang serupa seperti DHA, zat besi dan tambahan lainnya. Agar anda dapat menghindari zat baru yang membuat alergi / tidak cocok pada bayi anda.

Untuk membantu perubahan ke susu formula baru sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan mencampur susu lama dengan yang baru agar terbiasa dengan rasa dari susunya. Misalnya hari pertama 1/4 baru : 3/4 lama, esoknya 1/2 baru : 1/2 lama, dan seterusnya. Agar bayi anda tidak rewel dan anda bisa mengobservasi gejala yang timbul.

Karena saat ini mencret dan berwarna, sebaiknya evaluasi dahulu dengan Dokter Spesialis Anak untuk mengatasi keluhannya. Gunakan kesempatan tersebut untuk diskusi tentang penggantian susu formula bayi anda. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara membersihkan botol susu bayi perlu dilakukan dengan benar agar kesehatan Si Kecil tetap terjaga

Jangan Sembarangan, Moms, Ini Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Tepat

Cara membersihkan botol susu bayi tidak bisa sembarangan. Oleh sebab itu, pastikan cara mencuci botol susu bayi yang Anda lakukan sudah tepat. Membersihkan botol susu bayi bisa dilakukan dengan tangan atau menggunakan mesin.