Batuk biasa atau corona?

LU Info Penanya: LU, Wanita, 28 Tahun
Hallo dok,anak saya usia 6 tahun dia batuk sudah 4 hari dan suaranya sudah serak sekali ..di sertai demam juga dok nafsu makan dia juga hilang..Saya was was dok,karena sekarang musim wabah covid ..Apakah anak saya hanya batuk biasa,atau saya mesti melakukan tes lanjutan..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam LU,

Corona adalah penyakit yang saat ini sangat ditakuti karena bisa menyerang siapa saja, dan proses penularannya yang sangat cepat.

Sayangnya gejala infeksi corona ini tumpang tindih dengan penyakit pernapasan lainnya, sehingga untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan screening awal dengan rapid test yang bila hasilnya positif diperlukan pemeriksaan lanjutan dengan apus tenggorokan (swab) atau PCR.

Saat ini bila kondisi anak Anda sudah demam selama 4 hari dan ada demam, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi paru-paru anak Anda. Bila ada kecurigaan ke infeksi paru-paru, maka dokter akan menyarankan untuk pemeriksaan cek darah lengkap serta foto rontgen.

Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Berikan paracetamol untuk meredakan demamnya.
  • Berikan makanan dan minuman yang hangat.
  • Hindari gorengan, dan snack yang banyak micinnya.
  • Anjurkan untuk minum air putih lebih banyak.
  • Pakaikan masker pada anak Anda.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa segera ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stimuno adalah peningkat daya tahan tubuh alami yang terbuat dari ekstrak meniran

Cegah Infeksi Virus dengan Stimuno, Imunomodulator Alami dari Meniran

Stimuno bisa membantu Anda sekeluarga terhindar dari infeksi virus corona maupun virus lain yang sering mengintai sehari-hari. Dibuat dari ekstrak meniran, Stimuno adalah satu-satunya suplemen herbal yang khasiatnya sudah teruji klinis pada manusia.