Anak baru sembuh demam sekarang batuk pilek disertai sesak

N Info Penanya: N, Wanita, 24 Tahun
dok anak saya usia 19 bulan, baru sembuh demam tapi kluar kringat dingin. skrg sedang bapil dan engap nafsnya bersuara, sudah d berobat kemrin apa ada cara utnuk meringankan sesaknya. dan apa normal keringat dngin nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Sesak napas pada anak disertai suara napas berbunyi dapat merupakan suatu kegawatan mengingat usia anak juga masih dibawah 2 tahun. Untuk itu perlu segera membawa anak ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan.

Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa penyabab seperti anak memiliki asma, infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia, bronkitis ataupun gangguan saluran napas lain. Untuk itu perlu menjaga lingkungan tinggal anak agar lebih bersih dan bebas dari pencetus seperti debu, asap rokok, bulu hewan, serbuk tumbuhan, udara dingin ataupun pencetus lain. Tidak jarang anak juga akan tampak kebiruan di bibir dan jari karena kekurangan pasokan oksigen. Hal ini bisa menjadi berbahaya jika tidak segera ditangani. Nantinya bisa dilakukan beberapa tindakan seperti inhalasi menggunakan nebulizer untuk mengatasi sesak pada anak.

Periksakan kondisi anak Anda secara berkala pada dokter anak dimana keringat dingin juga bisa menjadi tanda anak kekurangan cairan, untuk itu perlu juga memberi anak lebih banyak cairan dan segera memeriksakan anak pada dokter anak terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas mendadak dapat terjadi karena beberapa penyebab

Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba!

Sesak napas atau dispnea dapat terjadi ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup. Terkadang sesak napas datang secara mendadak. Penyebabnya adalah asma, emboli paru, pneumonia, hingga gagal jantung.