Anak BAB setelah makan

SA Info Penanya: SA, Wanita, 30 Tahun
Dear Dokter,Dok, anak saya memiliki permasalahan pada pencernaannya. Setiap kali selesai makan, anak saya langsung buang air besar (BAB). Apakah yang terjadi pada anak saya ini normal, Dokter? Kondisi ini apakah menghambat pertumbuhannya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SA,

Refleks pengosongan lambung setelah adanya makanan baru yang masuk kedalam lambung dalam waktu 15 menit setelah makan, dikenal dengan nama Refleks Gastrokolik. Sebenarnya yang keluar saat BAB adalah merupakan ampas dari sisa hasil pencernaan makanan 12 sampai 72 jam sebelumnya.

Dengan adanya makanan baru yang masuk ke dalam lambung akan membangkitkan reflek BAB dan mendorong keluarnya ampas dari sisa hasil pencernaan sebelumnya merupakan salah satu proses normal dalam tubuh.

Secara normal seorang manusia dewasa dalam sehari bisa saja BAB sampai 3x dan masih dalam keadaan normal, bila BAB tidak disertai dengan gejala lain seperti dehidrasi, gangguan asupan makanan dan cairan, demam, dan konsistensi feses yang tidak normal. Konsistensi feses yang tidak normal seperti cairan, adanya darah, berbau asam atau busuk, berwarna putih, bercampur lendir dan disertai gejala klinis adanya infeksi, maka hal ini harus diwaspadai dan sebaiknya segera mendapat pertolongan Dokter.

Bila pertumbuhan anak tidak terganggu, maka hal ini tidak perlu dicemaskan secara berlebihan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Divertikulitis dapat dicegah dengan mengonsumsi serat yang cukup

Divertikulitis, Penyakit Pencernaan yang Bisa Dicegah

Divertikulitis adalah penyakit sistem pencernaan berupa peradangan pada kantung yang menggelembung di usus besar (divertikula). Penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi serat yang cukup dan minum air secara teratur.