Anak ada borok melingkar di kepala, apa penyebabnya?

AA Info Penanya: AA, Pria, 34 Tahun
Mau bertanya dok, anak saya ada borok di melingkar di kepalanya, itu knp ya dok, saya udah berobat ke puskesmas blm ada hasil nya... Terima kasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AAM

Ruam pada kepala bisa diakibatkan infeksi akibat bakteri, virus atau jamur. Seringkali akibat infeksi bakteri pada folikel rambut. Infeksi bisa mengakibatkan kulit kemerahan, membengkak, berminyak, rambut rontok dan lengket. Anda bisa membaca artikel mengenai Mirip Ketombe, Dermatitis Seboroik pada Kulit Kepala Bikin Krisis PD untuk informasi lebih lanjut.

Bisa juga akibat infeksi jamur disebut juga tinea capitis, kulit akan menjadi bersisik, gatal dan bisa sampai timbul pitak atau botak pada bagian rambut tertentu. Bisa dialami siapa saja tapi sering pada anak-anak.

Kedua kondisi tersebut terapinya berbeda, maka anda perlu konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit agar terdiagnosa dengan baik.

Kulit Kepala: 5 Masalah Umum, Penyebab dan, Cara Mengatasinya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan ketombe secara permanen.

Lakukan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal pada Ketombe

Meskipun bukan penyakit menular, ketombe bisa sangat mengganggu. Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara mengatasi ketombe secara permanen.Ketombe ditandai dengan munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal. Persoalan ketombe diderita oleh hampir 50% dari populasi di seluruh dunia. Untuk menghilangkan ketombe, bahan-bahan alami seperti lidah buaya, cuka apel dan lainnya dapat dimanfaatkan.