Anak 2 tahun, mata merah dan gatal. Apakah itu berbahaya?

FF Info Penanya: FF, Pria, 23 Tahun
Dok saya ingin tanya Anak saya berusia 2thn sakit mataAwal mula mata belekan to beberapa hari mulai mendingan dan setelah itu mulai memerah lg mata nya tp tidak mengeluarkan "belek" cuma berwarna merah dan selalu di kucek seperti gatal apa itu berbahaya ????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anak anda mengalami peradangan atau infeksi pada lapisan transparan (konjungtiva) yang melapisi bagian putih dari bola mata. Ketika meradang pembuluh darahnya menjadi terlihat sehingga tampak kemerahan. Gejala yang sering terjadi pada konjungtivitis antara lain:

  • Mata merah, gatal atau pedas pada salah satu atau kedua mata
  • kotoran pada satu atau kedua mata yang membentuk kerak pada malam hari yang dapat mempersulit mata membuka di pagi hari.

Konjungtivitis dapat disebabkan oleh virus, bakteri, alergi, percikan zat kimia di mata, adanya benda asing pada mata, atau adanya saluran air mata yang tersumbat yang biasanya terdapat pada bayi baru lahir. Kemungkinan pada anak anda akibat iritasi, alergi atau tertular virus dari orang lain.

Untuk menanganinya menggunakan tetes mata untuk mengurangi radang. Bila setelah beberapa hari belum membaik sebaiknya diperiksa lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Mata untuk tatalaksana selanjutnya.

Anda dapat membaca artikel mengenai Mengatasi Mata Merah.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab penyakit lupus pada anak dapat dilihat dari riwayat keluarga

Penyebab Penyakit Lupus pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Lupus merupakan penyakit yang dapat menyerang sejumlah organ tubuh, termasuk kulit dan sendi. Pada anak, lupus dapat menyebabkan kondisi gangguan yang serius, bahkan kematian.