28 Jul 2020, 15:35Penyakit Lainnya

Ampuhkah buah mengkudu untuk menurunkan darah tinggi?

SL
Info Penanya: SL0
Dok, bagaimana cara konsumsi buah mengkudu supaya tidak terlalu bau? Dengar-dengar ini ampuh untuk menurunkan darah tinggi ya dok?
8268 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore SLTerima kasih atas pertanyaan AndaMengkudu adalah salah satu buah yang tidak asing lagi ditemukan di Indonesia. Selain dapat dikonsumsi buahnya, daun dan akarnya kerap kali digunakan sebagai obat tradisonal. Pada buah mengkudu terdapat gula, karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin C, Vitamin B, Vitamin E dan beberapa mineral penting bagi tubuh. Oleh sebab itu terdapat beragam manfaat dari buah mengkudu.

Adapun beberapa manfaat dari buah mengkudu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meringankan gejala infeksi
  • Membantu mengurangi rasa nyeri 
  • Meringankan gejala peradangan (inflamasi)
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina
Adapun cara untuk mengonsumsi mengkudu adalah dengan cara dicuci terlebih dahulu, kemudian dilakukan pengupasan dan pembuangan biji dari buah mengkudu. Setelah itu bisa dimasukkan kedalam blender dan bisa dicampur dengan buah lain, lakukan penyaringan, tuang kedalam gelas dan tambahkan madu atau sirup. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila memiliki riwayat penyakit darah tinggi sebaiknya periksakan secara rutin dan berkala ke dokter. Karena, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dapat memastikan apakah buah mengkudu ini dapat secara efektif menurunkan tekanan darah pada manusia.Konsumsilah mengkudu secukupnya, tidak berlebihan. Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang lain, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, dan lakukan olahraga rutin agar badan sehat. Periksakan diri Anda ke dokter terdekat bila terdapat keluhan terkait dengan kesehatan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
makanan sehattren kesehatantips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil