17 May 2021, 01:03Infeksi

Obat infeksi saluran kemih pada ibu menyusui

FP
Info Penanya: FP0
Halo dok, saya ibu menyusui bayi 3 bulan, saya terkena ISK gejalanya sangat sakit saat tetes terakhir buang air kecil dan diberi obat Yefamox amoxicillin trihydrate, apakah itu aman untuk Asi? Karena setahu saya obat tersebut terserap asi, dan apakah saya boleh menghentikan obat tersebut apabila sakit saat buang air kecil tetap berlanjut ?
2056 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam FP,Infeksi saluran kemih adalah salah satu masalah kesehatan yang sering kali terjadi pada wanita terutama ketika hamil ataupun setelah melahirkan. Infeksi saluran kemih dapat menimbulkan beberapa gejala seperti:
  • Sering buang air kecil
  • Urine menjadi lebih keruh
  • Bisa bercampur darah
  • Buang air kecil menjadi terasa tidak tuntas
  • Nyeri dan perih saat buang air kecil
  • Nyeri perut ataupun pinggang

Penyebab dan penanganan infeksi saluran kemih

Penyebabnya sendiri bisa karena kebersihan saluran kemih atau organ kewanitaan yang kurang terjaga, kurang minum, sering menahan buang air kecil, ataupun beragam penyebab lainnya. Infeksi saluran kemih dapat dipastikan dengan pemeriksaan urine dan diobati dengan pemberian antibiotik.Untuk amoxicillin sendiri aman diberikan pada ibu menyusui apabila tidak ada riwayat alergi pada obat tersebut. Minum obat tersebut sesuai anjuran dokter dan habiskan. Obat tersebut memang bisa terserap pada ASI, tapi selama diberikan oleh dokter dan tidak membeli sendiri tidak menjadi masalah. Periksakan kembali pada dokter ketika obat habis. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran kemihsaluran kemihpenyakit saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil