Apakah operasi ambeien bisa menyebabkan selaput dara robek?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita
Dokter saya kena ambeyen 2 tahun saya ingin di operasi supaya tidak sakit lagi. Dokter saya juga belum menikah. Apakah operasi ambeyen akan menyebabkan selaput darah saya sobek nantinya dokter?mohon pencerahannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ME,

Ambeien atau wasir adalah merupakan pelebaran pembuluh darah di area anus dan rektum. Kondisi ini sering kali timbul akibat kurangnya asupan serat yang memicu konstipasi, selain itu juga bisa dipicu oleh batuk lama, ataupun kebiasaan mengejan atau mengangkat beban berat.

Wasir sendiri ada 4 tahapan atau 4 stadium dimana jika sudah mencapai stadium 3-4 perlu penanganan salah satunya dengan operasi. Operasi wasir sendiri dilakukan dengan beragam teknik jadi baiknya segera konsultasikan pada dokter bedah mengenai kondisinya.

Apabila belum menikah tidak perlu khawatir bahwa akan terjadi robekan selaput dara karena tindakan sendiri dilakukan di area anus dan tidak di area kemaluan. Nantinya mungkin akan dipasangkan selang kencing atau kateter tetapi tidak berpengaruh atau memicu robekan selaput dara.

Nantinya juga perlu merubah gaya hidup karena bisa kembali berulang jika masih kurang asupan serat ataupun ada pemicu lain yang memicu timbulnya wasir. Jadi bisa juga konsultasikan pada dokter bedah dan tanyakan mengenai tindakan yang akan dilakukan dan risiko yang bisa timbul ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus yang menyebabkan benjolan yang terasa nyeri

Sering Nyeri dan Ada Benjolan di Anus? Hati-hati Hemoroid

Hemoroid adalah pembesaran pembuluh darah di area sekitar anus dan rektum yang menyebabkan nyeri. Kondisi ini juga sering disebut wasir atau ambeien.