Ambeien keluar lagi setelah pernah operasi

SU Info Penanya: SU, Wanita, 38 Tahun
Dok, saya pernah melakukan operasi hemorroid sekitar 2 th yg lalu, dan metode yg digunakan dl yaitu metode ikat, klo sy ga salah tangkap penjelasan dokter waktu itu. Tapi bbrapa hari ini sy merasa kok wasir sy keluar lg ya..dan sy merasakan sakit spt dl sblm operasi, sy sdh minum obat ambeven + pakai borraginol..tp sptinya ga reda jg nyeri nya, dan sy cb masukkan wasir dgn bantuan jari.. kondisinya sdh tdk bs msk lg, bgmna ya sebaiknya dok? Apa yg hrs sy lakukan? Apakah artinya operasinya gagal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Hemorrhoid adalah kondisi di mana ada benjolan pada lubang anus sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri, keluar darah saat BAB dan harus mengejan. Dalam bahasa orang awam dikenal dengan nama ambeien atau wasir.

Beberapa penyebab hemorrhoid:

  • Kurangnya asupan sayur dan buah sehingga kotoran akan keras dan susah dikeluarkan.
  • Kurang minum air putih.
  • Kebiasaan menunda-nunda BAB.
  • Kebiasaan jongkok ketika BAB dalam waktu lama karena dibarengi dengan membaca koran atau bermain HP.
  • Riwayat melahirkan banyak anak.

Ada beberapa derajat keparahan ambeien dan bila benjolan sudah tidak bisa dimasukkan kembali, maka benjolan harus dioperasi karena bila dibiarkan maka akan sering berdarah dan akan menyebabkan benjolan semakin besar dan terjadi anemia (kekurangan darah).

Bila saat ini teraba benjolan lagi, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk memastikan penyebabnya. Selain itu untuk sementara waktu minum paracetamol untuk meredakan nyerinya, dan kompres benjolan menggunakan es batu. Selain itu perbanyak asupan sayur dan buah, dan pastikan banyak minum air. Bila duduk, ganjal bokong dengan bantal leher yang bagian tengahnya berlubang.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wasir bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan gatal pada bagian anus

Apa Itu Wasir? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tak sedikit orang yang mengalami wasir. Kondisi ini bisa membuat anus terasa gatal dan tidak nyaman, bahkan pada kasus yang parah mengakibatkan pendarahan. Lantas, apa itu wasir?