18 Mar 2021, 13:25Kulit & Kelamin

Ambeien dan sariawan pada bibir vagina.

FK
Info Penanya: FK0
Siang dok. Izin bertanya. Jadi beberapa hari yg lalu ambeien saya kambuh dan agak parah, sy lgsg cek up k dokter bedah, akhirnya d kasih obat. Kemudian besoknya di bibir vagina saya muncul sariawan dok, dan itu rasanya perih2 sakit. Kemudian besoknya lagi muncul bentol2 kecil seperti gelembung2 berisi air, dan ada keputihannya juga dok agak banyak, tapi (maaf) baunya sangat ga enak dok. Apakah bibir vagina saya infeksi dok? Dan gimana cara ngatasinya ya dok? Terimakasih ?
224 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam FK,Ambeien adalah salah satu masalah yang paling sering muncul pada dubur selain robekan anus. Kondisi adanya ambeien ini akan membuat BAB menjadi sulit dan sering BAB disertai dengan darah dan tentu saja akan terasa nyeri. Terlebih bila benjolannya menetap di luar anus.Kondisi adanya sariawan pada vagina Anda bisa saja disebabkan oleh adanya herpes genital atau adanya lesi sifilis. Namun tentunya perlu dilihat dulu bentuk lesinya bagaimana untuk memastikan penyebabnya. Bila keputihan Anda saat ini sangat berbau tentu saja ada proses infeksi baik infeksi yang disebabkan oleh jamur atau disebabkan oleh bakteri. Bila disebabkan oleh bakteri maka keputihan akan cenderung berwarna kuning kehijauan.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi keputihan dan sariawan di vagina Anda adalah:

  • Kompres menggunakan air hangat.
  • Berendam dengan air rebusan daun sirih setiap pagi dan sore.
  • Jaga kebersihan kelamin.
  • Jangan berhubungan seksual dulu.
  • Benjolan jangan dipecahkan.
Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin untuk memastikan kondisi vagina Anda.Salam sehat,dr. Vina
herpes genitalsifiliswasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil