Amankah vaksin kanker serviks dari segi agama dan kesehatan?

T Info Penanya: T, Wanita, 20 Tahun
Ass.wr.wb dok, saya berprofesi sebagai karyawan dan belum menikah. Sebagai seorang muslim, saya mendengar banyak pertentangan melakukan vaksin kanker serviks karena dianggap bisa merusak organ reproduksi dan lebih banyak mudaratnya. Di sisi medis, saya melihat vaksin ini penting untuk mencegah kanker serviks. Gimana ya dok, apakah penting untuk saya melakukan vaksin kanker serviks dan kapan waktu terbaik untuk melakukan vaksin, apakah sebelum atau sesudah menikah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Waalaikumusalam Wr. Wb. N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Vaksin adalah zat dengan kandungan mikroba yang telah dilemahkan dan bertujuan untuk membantu melindungi tubuh dari penyakit tertentu. Pemberian vaksin sampai saat ini, masih merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah penyakit atau mencegah perburukan kondisi ketika terjangkit penyakit tertentu. Telah setidaknya 25 jenis penyakit yang dapat berakibat kematian yang dapat dihindari dengan pemberikan vaksin. Beberapa diantaranya adalah tetanus, tifus, polio hingga kanker serviks.

Mekanisme kerja dari vaksin sendiri adalah melatih sistem kekebalan tubuh untuk mempersiapkan diri melawan penyakit. Pada saat mikroba yang dilemahkan dimasukkan kedalam tubuh, mikroba tersebut akan dianggap asing dan disebut dengan antigen, yang kemudian mengaktifkan sistem kekebalan tubuh yang berupa antibodi untuk memerangi antigen tersebut. Pada akhirnya peperangan menyisakan sel memori sebagai pengingat dan apabila dikemudian hari terpapar kembali antigen yang sama, tubuh akan lebih siap menghancurkan antigen tersebut sehingga penyakit dapat dilawan dengan cepat dan dicegah perburukannya.

Mengenai pertanyaan Anda tentang vaksin HPV yang dapat merusak organ reproduksi, sampai saat ini belum terbukti. Vaksin sendiri telah melalui serangkaian uji klinis terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Tanpa pemberian vaksin, seseorang justru dapat berisiko terkena penyakit tertentu yang dapat menyebabkan sakit luar biasa, disabilitas, serta khususnya penyakit kanker seviks yang dapat mengakibatkan kematian.

Dan terkait dengan kontroversi pemberian vaksin dari sudut pandang agama, sebaiknya Anda konsultasikan kembali kepada seorang ahli agama yang juga ahli dalam bidang medis sehingga dapat memberikan paparan dari berbagai sudut pandang dan kembali kepada Anda untuk memutuskan pilihan sesuai dengan kepercayaan Anda.

Apabila Anda hendak melakukan vaksin HPV, terdapat beberapa jenis vaksin HPV yang akan diberikan sebanyak tiga kali pemberian. Pada dasarnya vaksin HPV dinilai lebih efektif apabila diberikan pada seseorang yang belum aktif secara seksual dan direkomendasikan sejak remaja perempuan berusia 9 tahun. Namun, bagi yang sudah berusia diatas 12 tahun dan belum mendapatkan vaksin tersebut, direkomendasikan diberikan pada usia 13-26 tahun. Untuk informasi lebih lanjut tentang pemberian vaksin HPV Anda dapat mendatangi rumah sakit terdekat dan berkonsultasi langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker serviks umumnya baru akan muncul saat kanker mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya

Kenali Gejala Kanker Serviks Berikut Ini, Sebelum Terlambat

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang ditakuti wanita. Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan mengetahui beberapa gejala kanker serviks yang umum terjadi, misalnya perdarahandi luar masa menstruasi.