21 Aug 2020, 22:46Kulit & Kelamin

Amankah toner dengan kandungan AHA BHA PHA?

SL
Info Penanya: SL0
Halo Dok , saya memiliki kulit cukup sensitif. Kadang-kadang bisa kering kadang-kadang bisa berjerawat, dan mudah bruntusan kalau pakai skincare yang salah. Nah pertanyaan saya dok, toner seperti apa yang cocok untuk kulit seperti saya? Apa toner some by mi AHA-BHA-PHA-Centella Asiatica bisa saya gunakan dok?
7090 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam SLTerima kasih atas pertanyaan AndaKulit sensitif  yaitu kondisi dimana mudah terjadi ruam, kemerahan, iritasi, bruntusan pada kulit terlebih saat menggunakan produk perawatan kulit tertentu yang belum pernah digunakan sebelumnya. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam memilih serangkaian produk perawatan kulit. Toner adalah salah satu contoh produk perawatan kulit, saat ini sudah banyak dijual dipasaran berbagai jenis toner. Toner memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit serta mengembalikan keseimbangan pH pada kulit wajah.

Adapun beberapa saran untuk memilih produk perawatanwajah untuk kulit sensitif diantaranya:

  • Hindari produk dengan kadungan alkohol
  • Gunakan produk berlabel khusus bagi kulit sensitif
  • Hindari pruduk yang mengandung wewangian
  • Gunakan produk noncomedogenic 
Alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) adalah asam hidroksi yang membantu proses eksfoliasi  atau pengangkatan sel-sel kulit mati pada kulit. Sehingga penggunaan produk yang mengandung AHA dan BHA perlu berhati-hati dan tidak berlebihan terlebih jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Sedangkan PHA walaupun memiliki fungsi yang sama, namun relatif lebih aman bagi kulit sensitif.Penggunaan toner yang mengandung AHA, PHA, dan BHA umumnya relatif aman bila tidak digunakan secara berlebihan pada kulit sensitif, namun respon setiap orang berbeda-beda. Perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit sebelum dilakukan pada seluruh wajah. Bila tidak timbul reaksi, bisa dilanjutkan. Namun bila muncul ruam kemerahan, alergi, gatal dan lain sebagainya hentikan penggunaan. Sebaiknya, kosultasikan dengan dokter spesialis kulit terdekat untuk mendapatkan produk yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
perawatan kulitkulit sensitifperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil