Amankah tindik telinga pada anak 2 tahun?

GR Info Penanya: GR
Dok saya punya anak perempuan yang belum ditindik telinganya dari lahir sampai usia 2 tahun ini. Apakah aman dok kalau saya baru mau tindik telinga sekarang? Mohon penjelasannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam GR,

Tindik telinga adalah prosedur untuk membuat lubang pada telinga di bagian daun telinga untuk menempatkan aksesoris atau perhiasan sepreti anting. Proses penindikan telinga sendiri saat ini sudah aman dan bisa dilakukan dengan cepat. Saat ini juga sudah ada alat khusus untuk melakukan tindakan langsung dengan pemasangan antingnya.

Prosedur penindikan telinga sendiri bisa dilakukan pada usia berapa saja, jika saat ini sudah 2 tahun juga bisa dilakukan dengan aman. Kesulitan yang bisa terjadi mungkin adalah anak bisa kurang koperatif atau ketakutan setelah merasakan sakit pada 1 bagian telinga, jadi bisa mulai diberi pengertian pada anak sebelum melakukan tindakan penindikan.

Prosedur penindikan sendiri bisa dilakukan dengan pemberian anestesi lokal seperti pemberian salep anetesi, lalu setelahnya akan dilakukan pembersihan area yang akan dilakukan penindikan dan baru dibuat lubang tindikan. Semua prosedur perlu dilakukan oleh profesional dengan steril agar luka tindakan tidak infeksi. Pastikan juga anting yang digunakan tidak menimbulkan peradangan ataupun reaksi alergi pada anak.

Setelah dilakukan penindikan, luka perlu dirawat dengan baik agar tidak menjadi infeksi. Infeksi sendiri bisa ditandai dengan tanda adanya pembengkakan, luka menjadi kemerahan, nyeri, gatal dan perih, bisa juga menjadi bernanah, terjadi perluasan area luka ataupun gejala lain yang perlu dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Luka bakar kimia

Mengobati Luka Bakar Akibat Kena Bahan Kimia, Ini Caranya

Selain paparan panas, bahan kimia di sekitar Anda dapat menimbulkan luka bakar. Jika hal tersebut terjadi maka penanganan luka bakar harus segera dilakukan. Bagaimana caranya?