Amankah sinyal wifi di rumah untuk anak?

P Info Penanya: P
Apakah sinyal wifi di rumah bisa mempengaruhi kondisi pertumbuhan anak dibawah usia 4 tahun??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam P,

Dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat, belakangan ini internet merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang, baik untuk kepentingan pekerjaan, sekolah atau hanya sekedar untuk hiburan. Bisa dibilang belakangan ini banyak orang menghabiskan waktunya di dunia maya, dan kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya di dunia nyata.

Karena kebutuhan dan kepentingan ini, seringkali orang memakai wifi, dan hal ini sudah sangat wajar bila ditemukan wifi di pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, hingga rumah hunian.

Namun muncul keraguan apakah berbahaya bila terpapar sinyal wifi secara terus menerus? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO, gelombang radio yang dipancarkan oleh wifi memiliki frekuensi yang sangat kecil kurang dari 300 GHz sehingga tidak berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, namun sebaiknya letakkan router wifi agak jauh untuk mengurangi frekuensi yang dipancarkan oleh wifi. Bahkan gelombang radio wifi masih lebih kecil bila dibanding dengan gelombang yang dikeluarkan oleh ponsel.

Sekian yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang bisa menjadi tanda adanya penyakit

Payudara Sakit Belum Tentu Gejala Kanker, Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang adalah karena perubahan hormon, kista, mastitis, hingga masalah kesehatan lainnya seperti iritasi atau ukuran payudara.