Amankah shampo selenium sulfida untuk ibu menyusui?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, aman nggak sih ibu menyusui menggunaan shampo yang mengandung selenium sulfida seperti shampo selsun?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Selenium sulfida merupakan salah satu jenis obat yang biasa di gunakan untuk mengobati ketombe atau dermatitis seboroik dan penyakit kulit khususnya jamur. Obat ini dapat mengurangi gatal, iritasi dan kemerahan pada kulit kepala. Obat ini hanya di gunakan untuk pengobatan luar saja seperti di kulit kepala. Penyimpanan obat ini sebaiknya di simpan pada suhu ruangan dan di jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembab.

Obat ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi seperti gatal, sulit bernafas, bengkak di bibir, dll. Sehingga jika menimbulkan efek samping tersebut, sebaiknya periksakan ke dokter kulit dan segera hentikan pemakaian obat tersebut agar tidak menimbulkan iritasi dan gatal yang berkelanjutan.

Belum ada penelitian lebih lanjut terkait penggunaan pada ibu hamil dan ibu menyusui, sehingga sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan atau kulit terkait penggunaan obat ini, karena obat ini masuk dalam kategori C (mungkin berisiko) menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala dermatitis seboroik di kulit kepala

Mengenal Penyebab dan Gejala Dermatitis Seboroik pada Kulit

Gejala dermatitis seboroik tidak hanya terjadi di kulit kepala saja. Kondisi ini juga dapat menyerang wajah, telinga, dada bagian atas, punggung, dan lipatan kulit lainnya.