Amankah prenagen emesis untuk ibu hamil?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, kebetulan saya calon ibu baru. Saat ini saya masih belajar apa saja yang perlu saya siapkan sebelum melahirkan. Untuk susu kehamilan, saya masih bingung nih dok. Apa prenagen emesis aman dikonsumsi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WI.

 

Kehamilan merupakan masa yang paling dinantikan bagi setiap pasangan yang ingin memiliki momongan. Kehamilan juga merupakan masa dimana pertumbuhan janin harus optimal. Oleh sebab itu wanita hamil harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang baik bagi diri sendiri dan janinnya. Beberapa Alternatif yang dapat dikonsumsi adalah susu. 

Susu prenagen emesis adalah salah satu jenis merk dagang dari susu hamil. Pada dasarnya susu hamil adalah jenis susu yang tidak wajib dikonsumsi, dan hanya dikonsumsi saat tubuh masih kekurangan vitamin dan mineral saja. Untuk waktu konsumsi yang baik dari mengonsumsi susu kehamilan adalah pada kehamilan awal. 

Pasalnya susu prenagen mengeklaim dapat juga mengurangi mual muntah dipagi hari. Susu ini juga banyak mengandung asam folat, zat besi, magnesiu, vitamin B dan zink. Selain dari konsumsi susu hal yang paling utama adalah nutrisi dari makanan juga.

Beberapa tips minum susu prenagen emesis adalah:

  • Konsumsi susu maksimal 2 gelas perhari dengan waktu yang berbeda.
  • Susu dapat diserap dengan banyak sehingga takaran susu harus tepat yaitu 2 sendok susu ditambahkan air hangat.
  • Minum susu yang disedu dengan air hangat secara perlahan.
  • Usahakan untuk tidak meminum susu setelah makan.

Selain itu nutrisi untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi adalah sebagai berikut:

  1. Makan sayur berdaun hijau seperti brokoli, bayam
  2. Kacang-kacangan.
  3. Tahu.
  4. Gandum utuh.
  5. Ikan salmon.

Jangan lupa untuk kontrol rutin dengan dokter kandungan Anda agar dapat dilakukan usg untuk memantau langsung janin didalam kandungan Anda ya.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batas aman minum teh saat hamil

Mengenal Panduan Aman untuk Minum Teh Saat Hamil

Minum teh saat hamil umumnya diperbolehkan oleh dokter kandungan Anda asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Hal ini dikarenakan teh mengandung lebih sedikit kafein dibanding kopi.