Amankah pengobatan gurah terhadap alergi rhinitis?

A Info Penanya: A
Salam kenal. Saya punya alergi rhinithis. Berdasarkan berbagai informasi termasuk dokter, memang sulit untuk menyembuhkan 100%. Setelah saya cari-cari pengobatan lain, saya menemukan metode pengobatan yang dianjurkan oleh agama saya, yaitu pengobatan Gurah. Di sebutkan bahwa pengobatan gurah terhadap gejala rhinitis kronis diyakini dapat mengurangi lendir dan frekuensi bersin dan hidung tersumbat. Seberapa ampuh dan aman pengobatan alternatif gurah ini? Adakah efek sampingnya dari sisi medis?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Rhinitis alergi adalah suatu kondisi yang dimana gejalanya mirip dengan sakit flu seperti hidung tersumbat, mata gatal, bersin, sakit kepala, dll. Penyebab dari rhinitis alergi sendiri adalah alergen seperti bulu binatang, debu, tungau, serbuk bunga, kutu kucing atau anjing.

Gurah merupakan pengobatan tradisional ramuan dan sudah mendapat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 1076/Menkes/SK/VII/2003. Bahan utama dari gurah adalah tanaman srigunggu atau senggugu yang dikenal sebagai tanaman obat untuk mengobati rasa sakit, rematik, demam, gangguan pernapasan. Cairan dari tanaman ini ditambahkan air dan ditetes ke hidung pasien oleh praktisi gurah. Posisi pasien juga dalam kondisi tengkurap agar lendir dapat keluar dengan mudah dari mulut dan hidung. Teknik pengobatan gurah menurut penelitian dapat membantu mengurangi gejala rhinitis kronis. Namun, untuk mengobati rhinitis, bisa juga dengan cara:

  • Obat antihistamin
  • Membersihkan saluran hidung dengan larutan garam
  • Menyemprotkan hidung dengan semprotan kortikosteroid
  • Imunoterapi

Tetapi saya sarankan Anda untuk konsultasi dengan dokter penyakit dalam sub spesialis alergi agar dapat diperiksa lebih lanjut dan Anda memperoleh terapi yang tepat dalam mengobati rhinitis alergi Anda.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alergi kafein muncul ketika Anda mengonsumsi sedikit saja minuman atau makanan berkafein, salah satunya kopi

Gatal-Gatal Usai Minum Kopi? Alergi Kafein Bisa Jadi Penyebabnya

Tak semua orang bisa menikmati secangkir kopi. Ada sebagian orang yang langsung gatal-gatal setelah mengonsumsi minuman berkafein tersebut. Kondisi ini dinamakan dengan alergi kafein.