Amankah pengobatan alternatif bagi penderita amiloidosis ginjal?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dokter, aku mau tanya. Benarkah belum ada obat untuk penyakit Amiloidosis ginjal? Amankah menggunakan pengobatan alternatif seperti herbal dan terapi untuk penanganan penyakit tsb? Mohon sarannya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Amiloidosis ginjal adalah salah satu penyakit pada ginjal akibat protein amiloid menumpuk. Protein amiloid ini akan menimbulkan gangguan karena tidak dapat dimetabolisme atau dipecah oleh tubuh, dan protein yang menggumpal ini akan menimbulkan penyakit amiloidosis. Selain di ginjal, protein ini juga bisa menumpuk di organ lain seperti jantung, sistem saraf, hati, dan sistem pencernaan.

Penyebab amiloidosis pada ginjal bisa disebabkan oleh :
  1. Amiloidosis primer. Dimana penderita akan mengalami keluhan berupa :
    • Ditemukan albumin pada pemeriksaan urin.
    • Kadar kolesterol meningkat.
    • Kadar albumin di dalam darah mengalami penurunan karena bocor dan terbuang lewat urin.
    • Pembengkakan pada wajah, tungkai serta perut.
    • Hipotensi.
    • Lemas.
    • Sesak napas.
  2. Amiloidosis terkait dialisis. Dimana penderita akan mengalami keluhan berupa :
    • Nyeri dan kaku pada persendian.
    • Bila protein amiloid menumpuk di pergelangan tangan maka akan timbul penyakit CTS (Carpal tunnel syndrome) dimana tangan akan sering terasa kesemutan atau kebas.

Dokter akan melakukan pemeriksaan seperti cek urin, cek darah, serta melakukan biopsi ginjal untuk memastikan kondisi Anda.

Pengobatan amiloidosis sendiri tergantung penyebab dan kondisi Anda. Biasanya dokter akan meresepkan obat golongan steroid, diuretik, obat kolesterol atau melakukan kemoterapi hingga transplantasi stem cell untuk mengganti sel-sel yang sudah rusak akibat endapan protein amiloid tersebut.

Selain itu Anda perlu menjaga pola makan Anda, dengan membatasi garam, gorengan, serta makanan berlemak lainnya, dan protein.

Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat obat-obatan herbal secara langsung terhadap amiloidosis herbal. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialis KGH (Konsulen Ginjal Hipertensi).

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

nyeri dada ciri-ciri kolesterol tinggi

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Wajib Diwaspadai

Ciri-ciri kolesterol tinggi biasanya tidak terdeteksi dan hanya disadari ketika sudah terjadi komplikasi, seperti nyeri di dada. Namun, siapa sangka, beberapa orang bisa mengalami dampak dari kolesterol tinggi seperti impotensi dan kemunculan xanthomas.