Amankah pelembap wajah mengandung retinol bagi ibu hamil?

NA Info Penanya: NA
Dok, saya mau cari pelembab kulit untuk jenis wajah sensitif bagi ibu hamil. Wajah saya semenjak berhenti dari produk dokter karena sedang hamil terlihat kusam dan terlihat garis-garis kerutan di dahi dan bawah mata. Bolehkah ibu hamil menggunakan produk pelembap wajah yang berbahan retinol sebagai anti-aging atau mengurangi kerutan? Mohon rekomendasinya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kondisi kulit wajah pada ibu hamil memang sering terlihat kusam dan kadang berjerawat. Ini disebabkan karena peningkatan dari hormon pada awal kehamilan sehingga memicu kulit untuk menghasilkan minyak lebih banyak. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan karena kadar hormon sudah menurun.

Retinol atau retinoid merupakan obat yang digunakan untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, imunitas, reproduksi, dan menjaga kecantikan kulit. Biasanya dapat digunakan juga untuk mengatasi jerawat, kerutan, menjaga elastisitas kulit, memudarkan flek hitam.

Untuk pemakaian retinol sendiri disarankan jangan digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau yang sedang merencanakan kehamilan jika tanpa resep dari dokter. Untuk menggunakannya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan.

Efek samping dari pemakaian retinol adalah kulit menjadi kering dan iritasi, terjadi perubahan warna kulit, hipersensitif terhadap sinar matahari, kulit menjadi kemerahan, bengkak, atau melepuh.

Untuk itu, dalam merawat kulit wajah saat sedang hamil, Anda bisa dengan cara mencuci muka dengan sabun yang tidak ada kandungan alkoholnya, memakai sunblock yang aman buat ibu hamil, memakai masker buatan sendiri dengan bahan alami seperti dari tomat, lidah buaya, alpukat, atau oatmeal.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab gusi bengkak saat hamil

Perubahan Hormon Bisa Sebabkan Gusi Bengkak Saat Hamil

Gusi bengkak saat hamil terjadi karena produksi hormon progesteron yang terus meningkat. Kondisi ini biasanya disadari saat ibu hamil sedang menggosok gigi.