Amankah Operasi Usus Buntu Saat Hamil?

PE Info Penanya: PE, Pria, 31 Tahun
Salam Hormat Ingin bertanya masalah operasi usus buntu saat sedang hamil 5 bulan, apakah aman untuk ibu dan janin di kandungan? Sebelumnya istri saya di vonis terkena penyakit peradangan usus buntu dan diberi obat oleh dokter spesialis bedah, dengan pesan apabila dalam kurun waktu 1 minggu tidak ada perubahan maka diusulkan untuk segera operasi. Karena menurut beliau, apabila ditunda maka khawatir lebih fatal untuk ibu dan anak. Mohon informasinya.Terima Kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak PEB,

Bila infeksi usus buntu akut (Apendicitis akut), maka memang harus segera diambil tindakan dengan tujuan menyelamatkan nyawa ibu dan bayi. Tindakan ini dapat berupa operasi atau pemberian obat antibiotik untuk mencegah pecahnya usus buntu yang terinfeksi ini. Bila usus buntu yang terinfeksi pecah, maka akan menyebabkan infeksi pada seluruh organ dalam perut dan perlengketan akibat infeksi (Peritonitis). Peritonitis lebih berbahaya lagi, dan operasinya lebih berat dan komplek dan sangat mengancam nyawa ibu.

Pada prinsipnya, posisi bayi berasa dalam kandungan sedangkan usus buntu berasa dalam perut bagian kanan bawah sehingga kondisi bayi dapat dilindungi apabila diputuskan perlu untuks egera melakukan operasi. Dokter Spesialis Bedah akan bekerja sama dengan Dokter Kandungan dalam penanganan kasus seperti ini. Sebaiknya segera konsultasikan dengan Dokter Kandungan yang menangani kehamilan Ibu selama ini.

Semoga ibu dan bayi selalu dalam kondisi sehat sampai saatnya melahirkan.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah, sayur, olahan susu, dan kacang bisa menjadi camilan, yang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil

Beberapa Inspirasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil sebagai Camilan

Kebiasaan ngemil mungkin membuat beberapa ibu hamil cemas, karena takut mengganggu kesehatan tubuhnya serta pertumbuhan janin. Namun tenang saja. Sebab, Anda bisa tetap ngemil, selama camilan yang dipilih, terbuat dari makanan sehat untuk ibu hamil.