Amankah minum air lemon dengan madu setiap pagi?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, mau tanya seputar air lemon. Aman nggak sih dok minum air lemon ditambah dengan madu rutin setiap pagi? Mohon infonya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Lemon adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B, C, E, asam folat, kalium, kalsium, potassium, serta magnesium. Buah dengan kulit berwarna kuning ini dapat dikonsumsi dengan cara diperas dan diminum airnya. Lemon boleh saja dicampur dengan bahan-bahan lain, misalnya daun mint, jahe, atau madu. 

Beberapa manfaat air lemon bagi kesehatan adalah:

  • Menyehatkan dan mencerahkan kulit
  • Menyeimbangkan keasaman lambung
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan
  • Sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh
  • Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh

Apabila Anda tidak memiliki gangguan sistem pencernaan, lemon bisa dikonsumsi kapan saja, termasuk pada pagi hari secara rutin. Tetapi, jika Anda memiliki penyakit seperti maag, GERD, ataupun tukak lambung, sebaiknya konsumsilah air lemon setelah makan, ya.

Selain lemon dan madu, pastikan juga Anda mengonsumsi buah dan sayur lainnya untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh. Jangan lupa minum air putih yang cukup, agar vitamin B dan C yang terkandung dalam lemon dapat diserap tubuh dengan baik. 

Apabila Anda membutuhkan informasi lanjutan terkait air lemon, madu, dan makanan bergizi lainnya, atau ingin mengonsultasikan keluhan kesehatan tertentu, jangan sungkan untuk menghubungi dokter ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meminum air dan lemon dengan cukup dapat membantu pembentukan batu ginjal

Gantikan Peran Obat, Ini Manfaat Air Lemon untuk Penyakit Ginjal

Riset membuktikan, lemon adalah buah yang bermanfaat untuk pencegahan dan perawatan penyakit ginjal. Lemon mengandung sitrat yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.