Amankah mengonsumsi obat asma setiap hari?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
halo dok, asma saya sering kambuh hampir setiap hari. sampe sekarang ini saya belum pake inhaler, masih pake obat tablet. apakah obat asma tablet aman untuk dikonsumsi setiap hari? bagaimana dengan inhaler apa sama juga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Asma merupakan penyakit paru-paru yang diturunkan dari garis keturunan yang ditandai dengan munculnya keluhan sesak napas ketika batuk pilek, sering batuk-batuk bila terpapar alergen tertentu, ada perubahan cuaca dingin, dll akibat saluran napas mengalami penyempitan, pembengkakan dan memproduksi lendir lebih banayk. Keluhan sesak napas ini akan disertai bunyi mengi seperti siulan (ngik-ngik) bila sesak napas sangat berat.

Karena asma penyakit bawaan, maka yang bisa dilakukan hanyalah mengontrol dan berusaha agar asma tidak sering kambuh. Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :

  1. Berusaha menghindari alergen bila Anda memiliki riwayat alergi tertentu.
  2. Olahraga secara teratur.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  4. Tidur secara teratur.

Untuk menentukan derajat keparahan asma Anda, biasanya dokter paru akan bertanya mengenai seberapa sering kekambuhan Anda setiap minggunya dan melakukan konfirmasi dengan pemeriksaan spirometri. Bila sudah ditentukan derajat keparahannya, maka akan ditentukan pengobatannya, apakah harus menggunakan inhaler saja atau harus disertai dengan obat minum. Dokter akan melakukan pemeriksaan berkala untuk menyesuaikan dosis obat Anda, sehingga sebaiknya Anda periksa, kontrol secara rutin ke dokter spesialis paru dan menggunakan obat yang sudah dianjurkan oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan Anda untuk mengurangi risiko kekambuhan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macam-macam zat aditif memiliki fungsinya sendiri, misalnya MSG untuk menambah rasa makanan

Perlu Tahu, Ini Macam-Macam Zat Aditif pada Makanan

Tak hanya sebagai pengawet, zat aditif juga digunakan untuk memberikan warna serta aroma sedap pada makanan. Ada zat-zat aditif yang berbahaya, ada pula yang aman bagi kesehatan. Kenali macam-macam zat aditif yang umum ditambahkan ke dalam makanan.