Amankah mengonsumsi kopi bagi penderita asam lambung?

L Info Penanya: L, Wanita
Selamat siang,dok. Saya ingin bertanya, saya memiliki riwayat asam lambung. Lalu saya juga menyukai kopi, tiap pagi saya harus mengonsumsi kopi agar tidak mengantuk saat pergi ke kantor. Apakah mengonsumsi kopi setiap hari aman bagi yang sering mengalami asam lambung naik? Terimakasih, dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Kandungan kafein di dalam kopi memang dapat memicu produksi asam lambung lebih banyak, sehingga memang untuk penderita gangguan lambung, kebiasaan mengonsumsi kopi harus dibatasi. Berapa gelas kopi yang diperbolehkan untuk penderita lambung, tergantung dari tingkat keparahan gangguan lambungnya. Pada umumnya untuk penderita lambung sebaiknya maksimal 1 gelas kopi setiap harinya, dan sebisa mungkin pilih kopi jenis Arabika dimana kandungan kafeinnya lebih sedikit dibanding dengan kopi jenis Robusta. Bisa juga dengan memilih biji kopi yang tidak terlalu hitam, karena proses pemanggangan yang lama akan meningkatkan kandungan kafein dan sifat asamnya. Selain itu Anda juga bisa mencampurkan susu ke dalam kopi yang Anda minum.

Selain kopi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita gangguan lambung seperti :
  1. Makan dengan porsi kecil namun sering.
  2. Kurangi stres.
  3. Hindari/ kurangi makanan pedas, asam, berlemak, kol, ubi-ubian, ketan.
  4. Hindari konsumsi alkohol, minuman bersoda.

Bila keluhan lambung semakin memberat, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Luka pada lambung dan maag dapat menjadi penyebab dari muntah darah

Muntah Darah karena Maag, Apa Penyebabnya?

Maag seringkali dianggap sepele. Namun, nyatanya kondisi maag tidak boleh dipandang sebelah mata. Seorang yang memiliki maag bisa saja mengalami muntah darah karena luka pada lambung, dan komplikasi tukak lambung.