20 Dec 2019, 10:25Kulit & Kelamin

Amankah mengonsumsi cetirizine untuk jangka panjang?

L
Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dok, mnggu lalu saya beberes rumah, sepertinya saya ada alergi sama debu jd badan saya gatal-gatal dan bersin-bersin sampe sekarang. saya sudah minum cetirizine tapi belum sembuh juga. saya mau nanya apakah aman minum obat ini untuk jangka panjang? terima kasih atas waktunya dok.
40871 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi L,Cetirizine adalah salah satu obat golongan antihistamin yang sering dipakai untuk meredakan reaksi alergi berupa bersin-bersin, batuk, pilek, ruam kemerahan berupa bentol-bentol dengan bagian yang lebih menonjol dibanding dengan kulit sekitarnya, sesak napas, hingga wajah yang bengkak.Reaksi alergi ini akan muncul bila seseorang terpapar alergen seperti debu, cuaca dingin, makanan laut, kacang, cokelat, bulu binatang, dll. Setiap orang bisa berbeda-beda faktor pemicunya. Alergi memang penyakit turunan, namun tidak selalu diturunkan, sehingga bisa saja Anda alergi tertentu sedangkan saudara Anda tidak memiliki alergi apapun. Selain itu faktor daya tahan tubuh juga menentukan rentannya seseorang mengalami reaksi alergi.Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan kekambuhan atau mengatasi reaksi alergi tersebut :
  • Menghindari alergen atau faktor pemicu alergi yang Anda ketahui.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  • Tidur cukup dan jangan begadang.
  • Olahraga secara teratur agar badan lebih bugar.
  • Gunakan masker ketika beraktivitas diluar ruangan bila Anda alergi debu, bulu binatang atau serbuk bunga.
  • Minum obat golongan antihistamin.
  • Oleskan bedak salisil atau calamine lotion bila muncul ruam kemerahan.
Cetirizine tidak dapat menyembuhkan alergi, namun hanya berfungsi untuk meredakan sesaat reaksi alergi yang muncul. Karena cetirizine sendiri bisa menimbulkan efek samping seperti mulut kering, pusing, mual, hingga susah BAB. Sehingga yang perlu Anda perhatikan adalah faktor alergen apa saja yang memicu reaksi alergi pada tubuh Anda. Bila Anda bingung, Anda bisa melakukan tes alergi di dokter kulit untuk memastikan kemungkinan Anda alergi apa saja.Salam sehat,dr. Vina
alergigatalbiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil