01 Sep 2020, 22:46Penyakit Lainnya

Amankah mengonsumi es jeruk setiap hari?

JB
Info Penanya: JB, Wanita0
Malam dokter, saya suka sekali minum es jeruk. Sehari bisa dua sampai tiga kali. Apakah aman dok untuk kesehatan saya? saya tidak ada riwayat penyakit berbahaya sih.
3780 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam JB,Jeruk adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di sekitar kita. Jenis dan cara pengolahan jeruk sendiri juga beragam, bisa dikonsumsi tanpa diolah, dijadikan minuman, dijadikan kudapan, dijadikan bahan tambahan masakan ataupun dikonsumsi dengan cara lainnya.Untuk ibu hamil sendiri, jeruk memiliki beragam manfaat seperti:
  • Sebagai sumber vitamin seperti vitamin C, asam folat, vitamin B1
  • Mengandung mineral seperti kalium
  • Membantu penyerapan zat besi
  • Sebagai antioksidan
  • Sebagai sumber serat untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sebagai tambahan asupan cairan dan elektrolit 
Meskipun begitu, apabila diolah menjadi es jeruk atau jus jeruk perlu diperhatikan bagaimana pengolahannya. Jika ingin diolah sebagai minuman, perhatikan jenis jeruk yang digunakan agar bisa memilih buah yang matang dan manis. Hindari jeruk yang masam agar tidak mengiritasi lambung. Hindari juga menambahkan gula pada es jeruk, karena jika mengonsumsi gula berlebih bisa meningkatkan risiko terjadi peningkatan gula darah yang dapat berisiko pada kehamilan, salah satunya menyebabkan diabetes gestasional dan ukuran bayi yang besar.Jadi untuk konsumsi harian sebaiknya bisa dibatasi ya, dan perhatikan cara pengolahannya. Tetap konsumsi juga asupan nutrisi lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Lakukan pemeriksaan secara berkala agar kehamilan bisa terpantau. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamiltips kesehatanbuah dan sayuran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil