Amankah mengobati jerawat dengan Spirulina?

RR Info Penanya: RR, Pria, 19 Tahun
"Dokter saya ingin bertanya, saya punya temen cowo tapi mukanya berpori-pori besar, dan berjerawat. Ada jerawat kecil dan ada juga jerawat besar seperti bisul, dan di berkomedo hitam kecil-kecil. Saya sudah sarankan dia untuk pakai masker,spirulina, pembersih wajah sebelum tidur, tetapi tidak ada perubahan apa pu, gimana ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, R

 

 

Jerawat dan komedo dapat muncul karena beberapa faktor :

- Perubahan hormon terutama masa pubertas, siklus menstruasi, selama kehamilan.

- Mencuci muka yang tidak bersih sehingga sisa kotoran, debu dan makeup masih menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori

- Jenis kulit berminyak yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori, keadaan inilah yang membuat bakteri penyebab jerawat dapat berkembang.

 

 

Yang dapat dilakukan untuk menangani keluhan anda adalah

1. Mencuci muka secara teratur, 2 kali sehari

2. Jangan menggosok-gosokan wajah secara berlebihan atau memencet jerawat karena dapat menimbukan luka baru dan berpotensi menjadi infeksi

3. Menggunakan sabun wajah yang khusus dengan kondisi kulit

4. Kelola stres

5. Gunakan masker alami misalnya dari lemon ataupun madu. 

 

Spirulina adalah jenis ganggang hijau yang diteliti dapat membantu mengobati jerawat, namun setiap orang memiliki penyebab jerawat yang berbeda-beda sehingga penggunaan spirulina tidak selalu cocok untuk semua jenis jerawat. Maka dari itu, penting memeriksakan keluhan anda ke dokter spesialis kulit ya.

 

Bila jerawat tidak membaik, meradang, membesar, bernanah dan semakin banyak segeralah ke dokter spesialis kulit untuk diberikan pengobatan sesuai.

 

Untuk menambah informasi anda,  anda dapat membuka artikel kami mengenai jerawat

Semoga bermanfaat

dr. Karlina Lestari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sabun wajah yang ampuh mengangkat kotoran dapat dipilih sebagai pembersih jerawat

5 Tips Membeli Pembersih Jerawat

Menggunakan sabun muka yang tepat akan membantu kulit terhindar dari jerawat. Namun, tidak semua aman untuk digunakan. Pembersih jerawat yang perlu dapat dipilih adalah yang dapat mengangkat kotoran, bertekstur lembut, dan memiliki kandungan pelembab.