Amankah Mengkonsumsi Susu Kedelai Saat Hamil?

FW Info Penanya: FW, Wanita, 24 Tahun
Selamat Siang Dokter, Saya mau bertanya mengenai benar atau tidaknya isu tentang mengkonsumsi susu kedele selama hamil akan mengakibatkan dampak tidak baik? Terutama apabila jenis kelamin anaknya adalah laki-laki.Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu FWR,

 

Susu kedelai adalah alternatif bila seseorang alergi terhadap protein dari susu sapi. Untuk Ibu hamil, konsumsi susu kedelai yang terlalu banyak pada awal masa kehamilan yaitu pada trimester pertama kehamilan (usia kehamilan 1 minggu sampai 12 minggu terhitung sejak Hari Pertama Haid Terakhir), dianggap membahayakan dan mengancam kehamilan. Hal ini karena kandungan Phytoestrogen tumbuhan dalam kedelai yang mirip dengan hormon estrogen pada wanita, dapat menyebabkan kontraksi otot kandungan yang berakibat keguguran. Dan ancaman kontraksi  ini tidak tergantung dari jenis kelamin bayi.

Setelah melewati masa trimester pertama kehamilan, dimana plasenta sudah merekat dengan kuat pada dinding rahim maka Ibu dapat kembali mengkonsumsi susu kedelai. Dan disarankan dalam jumlah wajar saja seperti 2 gelas dalam sehari.

Selalu dipastikan untuk melakukan kontrol rutin setiap bulan ke Bidan atau Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk memantau kesehatan kandungan dan bayi.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil 8 minggu membawa perubahan pada diri ibu, salah satunya terjadi kenaikan berat badan

Hamil 8 Minggu, Bagaimana Perkembangan dan Perubahan yang Terjadi?

Ketika hamil 8 minggu, janin yang ada dalam kandungan mengalami berbagai perkembangan. Bahkan terjadi pula beberapa perubahan pada ibu sebagai efek dari kehamilan yang sedang dijalaninya.