Amankah mengkonsumsi suplemen kolagen ?

RA Info Penanya: RA
AssalamualaikumHallo dok,sy ingin bertanya.. sy berusia 24, dn sdh mmiliki 3 org anak . Skrg ank sy yg paling kcil msh usia 4bln lebih.sy sering berdagang smpai jam 1 mlm . . Dulu kulit sy sgt putih ,tp skrg sdh mulai gelap dn agak kurang kencang. Apa pgaruh pasca melahirkan ? Dn sy jg mau konsumsi suplemen collagen cl prime 12 untuk mngencangkan lg kulit sy.apakah aman dok? Mhon jwbnnya .makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RA.

Warna kulit di pengaruhi oleh genetik dan faktor lingkungan (paparan sinar matahari, polusi), sementara kekencangan kulit yang berkurang bisa karena penurunan berat badan, kurang cairan, kurang nutrisi, ataupun paparan sinar matahari.

Terkait dengan suplemen collagen yang banyak beredar di pasaran, dimana kolagen membantu meremajakan kulit / tampak awet muda. Namun kolagen yang di konsumsi, saat di lambung akan di hancurkan menjadi asam amino agar bisa di serap oleh tubuh.

Asam amino tersebut akan dibentuk menjadi protein namun belum tentu menjadi kolagen kembali, jadi kolagen yang di konsumsi belum tentu menjadi kolagen kembali di kulit. Tubuh sendiri bisa menghasilkan kolagen, bahan dasarnya berasal dari makanan tinggi protein, tinggi vitamin C, A dan E. Jadi saran saya daripada mengkonsumsi suplemen kolagen, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan dasar pembentukan kolagen oleh tubuh.

Namun jika anda ingin tetap mengkonsumsinya, perhatikan apakah sudah masuk daftar BPOM (bisa confirm ulang ke BPOM untuk memastikan) dan lihat petunjuk pemakaiannya.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setrika wajah dipercaya mampu menghilangkan kerutan pada wajah

Ingin Coba Setrika Wajah? Kenali Dulu Fakta-Fakta Ini

Kemajuan teknologi membuat kulit wajah bisa diremajakan lewat setrika wajah. Apa saja yang harus Anda ketahui sebelum melalukan prosedur ini?