Amankah menggunakan masker organik untuk wajah?

R Info Penanya: R, Wanita, 16 Tahun
Apakah pake masker organik itu berbahaya buat kulit muka?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, R.

Masker wajah dapat bermanfaat untuk mengingkatkan pergantian sel, merangsang produksi kolagen, serta menghilangkan jaringan parut bekas jerawat. Namun, sebelum Anda menggunakannya disarankan untuk melihat bahan apa yang terkandung didalamnya.

Bahan yang harus dihidari dan cara memilih alternatif yang aman adalah:

- Fragrance atau wewangian adalah bahan yang dapat berbahaya dikarenakan terdapat ratusan bahan kimia yang potensial. Anda dapat mencari opsi lain dengan memilih bahan yang tidak mencantumkan aroma atau aroma berasal dari minyak esensial
- Paraben. Salah satu bahan pengawet yang paling umum ditemukan dalam produk perawatan. Paraben sangat berbahaya karena dapat meniru hormon estrogen, dan dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kulit. Selalu perhatikan daftar bahan dari produk yang Anda beli
- Sodium Lauryl Sulfate. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan dapt menyebabkan ruam pada wajah

Sebaiknya teliti kembali sebelum menggunakannya. Masker organik akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri dengan bahan alami.

Semoga bermanfaat. Salam Sehat.

dr. Reni Utari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biduran menghasilkan rasa gatal dan bentol pada kulit yang disebabkan oleh infeksi virus atau alergi makanan

Cara Tepat Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Biduran

Biduran memiliki gejala yang mirip dengan kelainan kulit lainnya, seperti dermatitis kontak dan dermatitis atopik. Namun, perbedaan antara biduran dan dua kelainan kulit tadi adalah biduran terlihat kemerahan, munculunya bentol, dan disebabkan oleh infeksi virus atau alergi makanan.