Amankah menggunakan koyo di hidung dan di perut?

AN* Info Penanya: AN*
Sore dok, mau tanya. Saya suka bepergian, dok, pernah suatu ketika saya pergi ke daerah tinggi atau penggunungan. Nah, di sana teman saya banyak yang menggunakan koyo di hidungnya, katanya untuk menghangatkan. Ada lagi yang menggunakan koyo di bagian pusar perut, dok, katanya untuk mencegah mual. Namun, apakah koyo memang aman digunakan dibagian tersebut, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DH,

Koyo merupakan salah satu obat luar yang umumnya digunakan untuk meredakan pegal, nyeri otot maupun sendi.  Koyo mengandung berbagai macam bahan kimia di antaranya adalah menthol, glycol salicylate, dan biofreeze yang terbukti efektif untuk meredakan gejala nyeri otot. Ada pula kandungan bengay dan aspercreme yang mengandung salisilat yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan sendi, serta adanya kandungan capsaicin yang membuat timbulnya rasa panas.

Penggunaan koyo di bagian tubuh manapun tetap beresiko menimbulkan efek sampan mulai dari yang ringan seperti iritasi, gatal, kemerahan, rasa panas, dan efek paling berat bisa timbul syok anafilaktik dan kulit melepuh serta mengelupas.

Salam sehat,

dr. Airin Que

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita alergi kacang berisiko terkena anafilaksis

Anafilaksis, Ketika Alergi Kacang Bisa Mematikan

Alergi kacang merupakan alergi yang sering terjadi pada anak-anak. Beberapa gejala alergi kacang, antara lain rasa gatal di mulut dan tenggorokan. Penderita alergi kacang juga berisiko terkena anafilaksis, berupa sulit bernapas dan tekanan darah turun drastis.