Amankah meminum obat asam lambung dan darah rendah bersamaan?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok Belakangan ini asam lambung saya sering sekali naik tapi saya juga punya penyakit darah rendah dan saya bingung kalo keduanya kambuh, apakah saya bisa minum obat asam lambung dan obat darah rendah saya bersamaan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Asam lambung merupakan cairan yang terdapat di dalam lambung yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan asam lambung meningkat seperti terlambat makan, makan terlalu kenyang, makan makanan pedas, asam, konsumsi alkohol, kopi, dan keadaan stres yang berlebihan.

Untuk mengatasi gangguan lambung, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini :

  1. Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak.
  2. Makan dengan porsi kecil namun lebih sering.
  3. Kurangi stres.
  4. Hindari konsumsi alkohol dan kopi.

Bila keluhan lambung yang Anda rasakan sangat berat, Anda dapat mengonsumsi obat lambung. Namun Anda perlu memperhatikan bila Anda mengonsumsi obat-obatan lain karena bisa terjadi interaksi obat. Misal obat lambung akan mengurangi efek obat anti jamur, obat pengencer darah, sehingga Anda perlu memberi jeda bila harus meminum obat tersebut. Namun untuk obat darah rendah yang Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah, tidak masalah bila diminum bersama-sama dengan obat lambung.

Bila keluhan menetap, atau muncul keluhan lain, lakukan pemeriksaan ke dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan alkohol dalam proses fermentasi menjadikan manfaat tape singkong untuk menghangatkan tubuh

Sederet Manfaat Tape Singkong, Batasi Hanya 50 Gram Per Hari

Manfaat tape singkong sangat banyak, terutama untuk sistem pencernaan. Namun konsumsinya sebaiknya tak lebih dari 50 gram per hari.