Amankah memakai bedak saripohatji terus pake salep walet?

HR Info Penanya: HR, Wanita, 14 Tahun
Selamat malam dok,saya mau tanya apakah boleh memakai bedak saripohatji terus pake salep walet boleh tidak?mohon jelaskan ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi H,

Bedak saripohatji/ bedak dingin adalah bedak yang memiliki komposisi tepung beras, daun suji, daun mangkokan, dll. Dimana daun suji memiliki efek farmakologi sebagai anti peradangan dan menimbulkan efek dingin. Berdasarkan komposisinya bila tidak dicampur dengan bahan kimia lain, maka bedak ini akan menimbulkan efek yang baik bila dipakai sebagai masker wajah, namun tentunya Anda juga perlu berhati-hati karena seringkali muncul produk palsu atau sudah dicampur dengan bahan kimia yang dapat menimbulkan efek menyembuhkan jerawat dalam waktu cepat, namun ketika jerawat kambuh malah akan bertambah parah keadaannya dibanding sebelumnya.

Sedangkan salep walet memiliki kandungan fluocinonide yang merupakan salah satu macam kortikosteroid kuat yang biasanya digunakan untuk mengobati eksim, gatal-gatal, dll yang pada umumnya tidak digunakan untuk daerah wajah, kecuali dengan pengawasan dokter.

Sebaiknya Anda bisa lebih bijaksana dalam memilih produk-produk kecantikan dan jangan sampai terbuai dengan produk kecantikan yang menjanjikan hasil dalam waktu singkat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk masalah kulit Anda atau melakukan masker alami dari bahan alpukat, madu, kentang, lidah buaya, dll secara rutin.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dermabrasi dan Mikrodermabrasi memiliki efek samping

Tertarik Melakukan Dermabrasi atau Mikrodermabrasi? Ini Risikonya

Dermabrasi dilakukan untuk memperbaiki bekas jerawat, bekas cacar dan bekas luka. Sedangkan mikrodermabrasi membuat perubahan halus pada kulit. Efek sampingnya adalah kulit kemerahan dan sensitif terhadap cahaya matahari.