11 Mar 2021, 20:40Kandungan

Amankah melakukan hubungan seksual saat sedang hamil?

FA
Info Penanya: FA, Pria, 28 Tahun
Selamat malam Dok, perkenalkan saya fery andika mau nanya nie.. Diusia berapa bulan kehamilan tidak boleh lagi melakukan hubungan intim dengan istri . terima kasih
106 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, FTerima kasih atas pertanyaan AndaMelakukan hubungan seksual sebaiknya secara rutin dilakukan oleh pasangan suami istri agar keharmonisan dalam berumah tangga tetap terjaga. Melakukan hubungan seksual secara rutin juga memiliki banyak manfaat lain seperti mempererat hubungan, memberikan rasa rileks, meredakan stres, dan lain sebagainya. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, saat sedang hamil boleh melakukan hubungan seksual. Amannya, hubungan seksual dilaukukan saat usia kehamilan mencapai trimester ke dua. Hal ini dikarenakan pada trimester peratama kehamilan masih sangat rentan terjadi keguguran. Sedangkan pada trimester ketiga, hubungan seksual dikhawatirkan bisa memicu kontraksi. Meskipun hubungan seksual cukup aman dilakukan saat sedang hamil trimester ke dua, alangkah baiknya hndari melakukan hubungan seksual jika:
  • Ada riwayat keguguran
  • Keluar flek atau bercak perdarahan setelah berhubungan
  • Ada riwayat persalinan prematur
  • Nyeri perut bawah
  • Suami atau pasangan sedang terinfeksi penyakit menular seksual
Selain itu pastikan Anda sudah melakukan konsultasi kepada dokter spesialis kandungan terdekat untuk memastikan bahwaa kondisi ibu dan janin dalam kondisi baik dan aman untuk melakukan hubungan seksual. Usahakan tetap konsumsi makanan bergizi yang direkomendasikan selama kehamilan, hindari pantangan makanan saat hamil, jaga keberishan dan kesehatan organ intim, hindari kelelahan dan atasi stres serta rutinlah melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan secara berkala minimal empat kali selama masa kehamilan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshubungan seksualhamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil