Amankah lorazepam dicampur dengan clozapine?

JL Info Penanya: JL, Pria, 46 Tahun
Saya dpt obat dari phisikiater lorazepam 2 mg dan clozapine 6.25mg aman ngk y.mslhnya saya pernah baca klw benzo dicampur ama clozapine bisa meningkatkan kemungkinan henti nafas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JL,

Lorazepam merupakan obat golongan benzodiazepine yang banyak digunakan untuk mengatasi gangguan cemas, gangguan tidur, dan obat kejang. Obat dengan golongan benzodiazepine memang memiliki efek samping berupa menekan pusat pernapasan bila digunakan dalam dosis besar, sehingga pemakaiannya perlu dipantau, dan dimulai dari dosis kecil, dokter akan lebih berhati-hati pada pasien diatas usia 65 tahun, memiliki penyakit jantung, glaukoma, atau ada ketergantungan terhadap alkohol, dll.

Sedangkan clozapine merupakan obat golongan antipsikotik yang akan digunakan pada penderita dengan gangguan psikosis dimana penderita tidak mampu membedakan antara khayalan dan kenyataan, penderita sering berhalusinasi. Clozapine bisa memiliki efek samping berupa sakit kepala, mengantuk, pandangan kabur, jantung berdebar, sesak napas bila dikonsumsi dalam dosis besar, sehingga perlu diperhatikan bagi penderita psikotik dengan gangguan jantung atau paru-paru.

Baik lorazepam maupun clozapine memiliki interaksi dengan berbagai obat lainnya, namun efek samping yang muncul dapat dikurangi dengan pemakaian dosis kecil dan hindari menghentikan obat secara mendadak, karena akan menimbulkan ketergantungan. Selain itu Anda perlu kontrol secara berkala ke psikiater dan minum obat secara teratur, serta segera lakukan pemeriksaan ke psikiater bila muncul keluhan dada berdebar, sesak napas, tremor, dll.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Delusi merupakan suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya

Mengenal 6 Jenis Delusi

Delusi adalah suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya. Delusi dapat dialami oleh penderita skizofrenia, psikosis, dan bipolar. Delusi memiliki 6 jenis yang mungkin tiap penderita berbeda-beda dalam mengalaminya.