Amankah lada hitam untuk ibu hamil?

HM Info Penanya: HM
Siang dokter, mau tanya.. apakah lada hitam aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Mohon infonya ya dok, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam HM,

Lada adalah salah satu rempah yang banyak digunakan untuk bahan makanan dan juga penyedap masakan. Lada sendiri ada lada putih dan lada hitam. Lada hitam selain untuk menyedapkan rasa makanan dan memberi rasa pedas juga memiliki manfaat lain seperti:

  • Mengandung kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh
  • Mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas
  • Membantu menjaga kesehtan pencernaan
  • Membantu mengatasi peradangan
  • Membantu penyerapan nutrisi
  • Membantu mengatasi gejala batuk dan pilek

Lada hitam sendiri bisa dikonsumsi dalam beragam olahan makanan dimana pada ibu hamil perlu memperhatikan jenis makanan apa. Apabila diolah dalam steak atau makanan yang dibakar atau dipanggang maka ada baiknya untuk menghindarinya.

Begitu juga jika dikonsumsi dalam masakan lain, ada baiknya ibu hamil membatasi dan menghindari konsumsi lada hitam berlebihan. Konsumsi lada hitam berlebih bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di pencernaan, rasa nyeri perut dan juga bisa memicu kontraksi sampai keguguran jika dikonsumsi dalam jumlah banyak terutama di awal kehamilan. 

Apabila timbul rasa tidak nyaman di pencernaan, nyeri perut bawah, timbul flek ataupun nyeri punggung setelah mengonsumsi lada hitam saat hamil maka sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika perut sudah mulai membesar, maka Anda perlu membeli baju hamil kerja

Tips Memilih Baju Hamil Kerja yang Nyaman untuk Ibu Hamil

Baju hamil kerja sebenarnya tidak perlu buru-buru untuk dibeli. Ada beberapa kondisi yang memang membuat Anda membutuhkan penggunaan baju kantor untuk ibu hamil. Agar tetap nyaman saat hamil, Anda perlu mengetahui baju hamil kerja yang tepat untuk digunakan.