Amankah lactacyd baby untuk mengurangi keputihan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, apakah benar lactacyd baby bisa mengatasi keputihan pada remaja? Kebetulan saya tahu info ini dari teman. Mohon infonya, terima kasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Keputihan adalah lendir vagina, yang dalam jumlah normal sebenarnya dapat bermanfaat untuk menjaga kelembaban vagina dan mencegah benda asing masuk ke dalamnya. Keputihan yang normal biasanya berwarna putih bening, tidak berbau, dan tidak menggumpal. Tetapi, apabila keputihan tidak normal, maka bisa menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada vagina.

Penyebab Keputihan Tidak Normal

Sedangkan apabila keputihan berwarna hijau atau cokelat, disertai bau yang amis dan gumpalan, maka keputihan tidak normal. Beberapa hal yang dapat menyebabkannya adalah:

  • Bakterial vaginosis
  • Kandidiasis
  • Infeksi menular seksual
  • Gangguan hormon
  • Penggunaan kontrasepsi

Terkait pertanyaan Anda, perlu dipastikan terlebih dahulu apakah keputihan Anda normal atau tidak. Apabila normal, maka tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan. Karena, pada saat-saat tertentu seperti akan haid dan masa subur, keputihan normal memang lebih banyak diproduksi.

Tetapi, apabila tidak normal, maka perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa produk lactacyd baby adalah produk yang diperuntukkan untuk bayi. Produk tersebut sah-sah saja digunakan oleh orang dewasa, termasuk untuk membasuh bagian luar vagina pada saat mandi, tetapi belum ada penelitian lebih lanjut bahwa produk tersebut bisa mengurangi keputihan abnormal.

Nah, apabila Anda ingin terhindar dari keputihan abnormal, sebaiknya jagalah kebersihan vagina Anda dengan membasuhnya secara rutin setiap habis buang air. Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat, agar vagina tidak terlalu lembab.

Apabila keputihan abnormal yang Anda alami tidak membaik, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab vagina terasa gatal adalah infeksi jamur pada vagina

Vagina Terasa Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vagina terasa gatal saat hamil salah satunya terjadi karena perubahan tingkat keasaman (pH) pada vagina. Akibatnya, muncul iritasi pada permukaan kulit di area tersebut. Walaupun begitu, vagina terasa gatal bukanlah sesuatu yang berbahaya.