Amankah kolak pisang dikonsumsi secara rutin?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok. setelah ramadhan saya masih rutin mengonsumsi kolak pisang saat puasa senin kamis. Apa ini aman dok? Berbahayakah untuk kadar gula darah saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Kolak pisang adalah salah satu kudapan yang sangat menarik untuk dimakan, karena selain menyegarkan juga banyak kandungan nutrisinya karena terbuat dari bahan pisang, dan ubi-ubian yang mengandung banyak serat sehingga bisa melancarkan BAB. Kudapan ini seringkali dimakan sebagai santapan berbuka puasa karena dapat mencukupi kebutuhan kalori setelah seharian berpuasa.

Namun dibalik manfaatnya, bila kolak ini dimakan secara rutin misal seminggu 2 kali, maka lambat laun akan menimbulkan masalah seperti:

  • Kadar kolesterol naik karena kolak mengandung banyak santan.
  • Meningkatkan kadar gula darah yang akan menyebabkan penambahan berat badan serta terjadinya diabetes di kemudian hari.

Beberapa cara sederhana untuk mengetahui bahwa asupan kolak yang Anda makan sudah berlebihan adalah berat badan bertambah, terasa kesemutan di kaki, tumbuhnya jerawat, atau terasa mual karena produksi asam lambung meningkat.

Untuk menjaga kesehatan Anda, sebaiknya Anda membatasi konsumsi kolak, atau Anda bisa membuat kolak dengan komposisi santan yang tidak terlalu banyak dan membatasi pemakaian gulanya. Selain itu Anda perlu rutin berolahraga agar berat badan tetap ideal.

Selain kolak, Anda juga bisa makan salad buah atau sayur untuk mengganti kudapan kolak. Pada dasarnya semua boleh dimakan selama tidak berlebihan dan Anda tidak memiliki penyakit tertentu.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diabetes dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur pada lansia

Waspadai 4 Jenis Penyakit Mata Ini Untuk Penderita Diabetes

Diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada mata. Cara terbaik agar sembuh dari penglihatan kabur akibat diabetes adalah dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat.