Amankah kolak durian dikonsumsi saat hamil 7 bulan?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Malam dok, kebetulan istri saya sedang ngidam kolak durian, tapi saya melarang karena saat ini usia kehamilannya sudah memasuki 7 bulan. Sebenarnya aman nggak sih dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L,

Kolak durian adalah salah satu kudapan yang sangat menggiurkan karena terasa manis, dan adanya aroma durian tentunya akan semakin menarik untuk dimakan.

Sebenarnya kolak durian ini boleh diminum oleh wanita yang sedang hamil, selama tidak ada keluhan mual muntah, atau perut kembung. Tapi jumlahnya tetap perlu dibatasi dan sebaiknya dihindari dengan alasan pada wanita hamil tanpa makan kolak durian pun sudah ada keluhan mual muntah, dan bila ditambah dengan durian yang banyak mengandung gas, serta santan maka akan semakin menambah rasa mual dan perut kembung. Terlebih semakin tua usia kehamilan, maka posisi lambung akan semakin terdesak oleh rahim yang membesar sehingga seringkali ditemukan gangguan lambung yang bisa semakin diperparah bila Anda memakan kolak durian.

Namun sejauh Anda tidak ada keluhan, maka kolak durian boleh-boleh saja dimakan, tapi tetap perhatikan porsinya. Selain kolak durian, Anda bisa menyantap kudapan lain yang juga enak dan bermanfaat seperti sop buah, salad buah, jus buah-buahan, atau camilan seperti kacang almond.

Karena usia kehamilan Anda sudah mencapai trimester ketiga, maka Anda harus lebih selektif dalam memilih menu makanan, dan rutin senam hamil untuk persiapan persalinan kelak agar lebih lancar. Lakukan pemeriksaan berkala ke dokter kandungan Anda untuk memantau kondisi janin Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil muda, calon ibu harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya

8 Tips Hamil Muda yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Trimester pertama kehamilan seringkali membuat calon ibu was-was, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu. Dari mengatur jadwal konsultasi dengan bidan hingga pola makan yang sehat perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang hamil muda.