Amankah ibuprofen untuk anak dan ibu hamil?

M Info Penanya: M, Wanita, 18 Tahun
Apakah ibuprofen aman dikonsumsi anak balita dan ibu hamil, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IJ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Ibuprofen merupakan salah satu obat yang tergolong kepada obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Bekerja sebagai pereda nyeri yang disebabkan oleh inflamasi, dengan cara menghambat produksi tubuh dari zat-zat alami (prostaglandin) yang menyebabkan peradangan, serta sebagai penurun panas.

Obat ini termasuk kepada kategori obat bebas terbatas dan obat resep, namun bagi ibu hamil dan ibu menyusui kategorinya C, dimana menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan, efek sampingnya dapat berdampak buruk terhadap janin, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Namun karena efektivitasnya, penggunaan ibuprofen hanya dapat dipertimbangkan apabila manfaatnya dinilai lebih besar daripada risiko yang dapat ditimbulkan. 

Untuk anak enam bulan keatas, ibuprofen dianggap aman, asalkan dikonsumsi sesuai anjuran dokter. Penggunaannya harus setelah makan, dan jangan berbaring setidaknya 10 menit setelah mengonsumsi obat.  

Ibuprofen tidak dapat digunakan sebagai obat jangka panjang karena terdapat berbagai efek samping yang dapat ditimbulkan salah satunya terhadap saluran pencernaan yang paling sering terjadi. Sebaiknya ibuprofen juga tidak digunakan bersama obat lain, apabila tanpa resep dokter karena dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat lain.

Ibuprofen juga tidak dianjurkan digunakan jika memiliki kondisi medis seperti :

Apabila terjadi reaksi alergi, segera hentikan pengobatan dan periksakanlah ke dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski bisa dibeli dengan mudah, penggunaan obat bebas terbatas tidak boleh sembarangan

Mengenal Obat Bebas Terbatas, Jenis, dan Pedoman Penggunaannya

Meski bisa dibeli tanpa resep dokter, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan obat bebas terbatas. Apa saja itu?